Joeragan artikel

Ladies, Inilah Cara Atasi Kerak atau Ketombe pada Kepala Bayi

Halo, Smart Ladies.

Tidak hanya orang dewasa yang bermasalah dengan ketombe, bayi juga bisa mengalami hal yang sama, meski wujudnya berbeda. Jika ketombe pada orang dewasa berbentuk sisik putih, pada bayi bentuknya seperti kerak berwarna putih atau kekuningan.

Kerak di kulit kepala bayi tersebut disebabkan adanya produksi sebum atau minyak berlebih oleh kelenjar minyak. Selain itu, kerak juga bisa timbul akibat kepala bayi terlalu sering dicuci menggunakan sampo sehingga kelembapan alami kulitnya berkurang.


Ladies, berikut ini beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengatasi kulit kepala bayi yang bermasalah. Yuk, simak!

1. Menggunakan Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa

Kerak putih atau kuning yang menempel di kulit kepala bayi sebenarnya bukan hal yang berbahaya, bahkan bisa hilang sendiri. Meski demikian, banyak orang tua merasa terganggu dengan kondisi tersebut sehingga berusaha mencari cara mengatasinya. Dilansir dari Livestrong kerak bisa dibersihkan dengan cara mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa di bagian kulit kepala sambil dipijat lembut. Ladies juga bisa menggunakan petroleum jelly atau baby oil.

2. Menggosok Lembut

Setelah kulit kepala diolesi minyak dan dipijat, diamkan selama 15 hingga 30 menit agar kerak melunak serta luruh. Selanjutnya, kita bisa menyikat atau menggosok kulit kepala bayi menggunakan kain lembut agar tidak terjadi iritasi.

3. Mencuci Rambut Bayi

Setelah kulit kepala bayi digosok, kita bisa mencucinya menggunakan sampo khusus. Bilaslah rambut sebersih mungkin, jangan sampai ada sampo tertinggal karena residunya bisa menyebabkan kulit kepala kering dan memperbanyak ketombe.


Namun, rambut bayi jangan terlalu sering dicuci karena dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Dikutip dari American Academy of Pedriatics, pada awal kelahirannya, bayi hanya perlu dimandikan tiga kali seminggu dengan catatan area popok, wajah, dan tangannya harus tetap dibersihkan secara teratur. Jika perlu, oleskan hair lotion untuk mencegah kekeringan.

Ladies, demikian langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit kepala bayi berkerak. Perlu Ladies ketahui, mengenakan topi pada bayi juga bisa membuat kulit kepalanya sehat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami