Ini yang Perlu Dilakukan pada Bulan Ramadan [sumber gambar: kuyou.id]

Ladies, ini yang Perlu Dilakukan pada Bulan Ramadan

 

Hai, Smart Ladies!

Bulan Ramadan bagi umat muslim adalah bulan istimewa. Banyak hal yang bisa kita lakukan, mulai dari menyiapkan menu buka dan sahur, menyiapkan bahan makanan dan lain-lain. Namun, ternyata semua itu hanyalah persiapan dunia. Ada persiapan yang lebih penting yang kadang dilupakan, apa saja itu?

Menurut Ustaz Zulfahmi ada tiga hal penting yang perlu Ladies lakukan pada bulan Ramadan. Apa saja itu?

  1. Memperbanyak Taubat

Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap hari kita membuat dosa. Untuk itu, kita harus memperbanyak taubat kepada Allah Swt. karena tidak ada dosa yang tidak diampuni jika kita bertaubat.

Ada banyak kisah tentang taubat salah satunya adalah kisah tentang seorang pemuda yang menghilangkan 99 nyawa manusia. Maka pergilah dia kepada seorang rahib dan bertanya apakah dosanya bisa diampuni? Rahib tersebut menjawab tidak. Akhirnya, pemuda itu marah dan membunuh rahib tersebut sehingga genaplah dia membunuh 100 orang. Kemudian pemuda tersebut pergi ke seorang alim dan menanyakan hal yang sama. Seorang alim tersebut menjawab bahwa pemuda tersebut masih bisa diampuni dosanya dengan bertaubat dan hendaknya meninggalkan tempat tersebut dan pergi ke tempat yang lebih baik.

Pemuda ini pun pergi ke tempat yang ditunjukkan oleh orang alim tersebut. Sayang di tengah jalan pemuda ini meninggal. Terjadilah perdebatan antara malaikat rahmat dan malaikat azab. Menurut malaikat rahmat, pemuda ini sudah bertobat maka dia yang akan membawa ruhnya. Sementara itu, malaikat azab berkata bahwa pemuda tersebut belum melakukan kebaikan apa pun sehingga dia yang akan membawa ruh lelaki tersebut.

Akhirnya, Allah mengutus seorang malaikat yang menyamar menjadi manusia dan menengahi perselisihan tersebut. Bahwa nasib pemuda itu ditentukan dengan mengukur jarak yang dia tempuh. Jika lebih dekat ke tempat yang lebih baik maka malaikat rahmat akan membawanya. Namun sebaliknya, jika lebih dekat ke tempat yang buruk (tempat sebelumnya) maka malaikat azab akan membawanya. Setelah diukur, ternyata pemuda tersebut dekat dengan tempat yang lebih baik sehingga malaikat rahmat yang membawanya.

Selain dosa kepada Allah Swt. kita juga hendaknya tidak bermusuhan kepada orang lain. Sebaiknya, segera meminta maaf jika melakukan kesalahan kepada orang lain.

  1. Menambah Ilmu

Ladies dapat memperbanyak ilmu terutama tentang hukum-hukum puasa supaya tidak melanggar syariat atau takut mengerjakan sesuatu, padahal boleh dilakukan selama Ramadan.

Contohnya:

  • Mencium istri, hukumnya tidak membatalkan puasa, tetapi hanya sebatas mencium, kalau khawatir berbuat lebih sebaiknya dihindari saja.
  • Mencicipi makanan di ujung lidah saat berpuasa masih diperbolehkan.
  • Menggosok gigi makruh ketika puasa, sebaiknya ubah jadwal menggosok gigi, misalnya setelah berbuka dan sebelum imsak.
  • Ikuti juga sunah Rasul dalam berbuka, yaitu minum dan makan takjil (kurma). Sebaiknya tidak berlebihan dalam berbuka karena akan membuat kita malas beribadah malam.
  1. Menyiapkan Infak Terbaik

Harta itu sebenarnya dibawa mati, yaitu harta yang dibelanjakan di jalan Allah Swt. Untuk itu, mumpung di bulan Ramadan pahala dilipatgandakan, hendaknya Smart Ladies juga memberikan infak terbaik kita agar pahala juga banyak didapatkan.

Itulah tiga hal penting yang harus kita lakukan pada bulan Ramadan. Semoga tahun ini lebih baik daripada Ramadan tahun kemarin.

About Puji Wahyu Widayati

PW Widayati
Ibu dari 3 orang anak dan ASN yang sangat suka menulis. Semoga apa yang ditulisnya dapat memberikan manfaat

Check Also

5 Tips Mudah Mengajarkan Anak Usia Dini Salat Tarawih di Rumah Selama Masa Pandemi

Hai, Smart Ladies! Salah satu ibadah khusus selain puasa di bulan Ramadan adalah salat Tarawih. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *