Ladies, ini Dia 8 Tips agar Disayang Mertua

  • Whatsapp
Ladies, ini Dia 8 Tips agar Disayang Mertua [romper.com]

Halo, Smart Ladies!

Sebagai seorang anak, kita tetap mempunyai kewajiban untuk berbakti kepada orang tua, walaupun sudah menikah. Setelah berkeluarga, kewajiban kita pun makin bertambah, yaitu berbakti kepada mertua. Namun, hubungan antara mertua dengan menantu ini terkadang mengalami keretakan karena keduanya kurang mengenal sifat satu sama lain. Kondisi ini bisa makin buruk jika kedua pihak tidak berupaya untuk memperbaikinya.

Nah, berikut ini adalah upaya-upaya yang bisa kita lakukan sebagai menantu untuk menjaga hubungan baik dengan mertua.

1. Berpikir Positif

Biasanya, kesalahpahaman yang terjadi antara menantu dan mertua berawal dari sikap saling curiga. Sikap ini sering disertai dengan prasangka buruk menantu terhadap mertua atau sebaliknya. Berpikir positif dan tidak terburu-buru memberikan penilaian adalah langkah bijak yang bisa Ladies lakukan agar hubungan kekeluargaan selalu terjalin dengan baik. Tahanlah lisan untuk tidak mengatakan hal-hal buruk tentang mertua sebelum terbukti kebenarannya.

2. Berfokus pada Kelebihan, Bukan Kekurangan

Tidak ada manusia yang sempurna. Setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan mertua. Apa pun kekurangan mertua hendaknya bisa diterima sebagaimana kita menerima kekurangan orang tua sendiri.

3. Membuka Komunikasi yang Baik

Saat memberikan atau menghadiahkan sesuatu berupa materi, Ladies bisa melakukannya dengan cara dan bahasa yang baik agar tidak menyinggung perasaan mertua. Cara berkomunikasi yang sesuai dengan tata krama dan penuh kesantunan harus selalu dijaga. Hindari mengucapkan kata-kata yang dapat menyakiti perasaan mertua. Berbicaralah dengan suara lembut dan carilah momen yang tepat agar apa yang ingin Ladies sampaikan bisa diterima dengan baik oleh mertua.

4. Bersikap Sabar

Masalah antara mertua dan menantu kerap terjadi pada saat mertua sudah berusia lanjut, yaitu di atas 60 tahun. Biasanya, pada usia tersebut, orang tua mengalami perubahan perangai menjadi seperti anak kecil lagi. Pada saat inilah, Ladies harus berlapang dada dan bersabar atas kondisi mertua. Tentu tidak mudah menjalani situasi ini, tetapi penerimaan akan kondisi mertua yang telah berusia senja akan berpengaruh pada kebahagiaan mereka. Pikirkan bahwa kelak kita pun akan menua seperti mereka.

5. Meraih Keridaan Allah Swt.

Merawat orang tua yang sudah lanjut usia akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah Swt.. Tentu Ladies masih ingat kisah Uwais al-Qarny yang memiliki keinginan untuk bertemu Rasulullah saw.. Uwais menahan keinginan demi merawat ibunya yang sudah renta. Saat kesempatan itu datang, Rasulullah saw. telah wafat. Nama Uwais terkenal di langit dan para malaikat memuji baktinya kepada orang tua.

Ladies, keridaan Allah Swt. juga akan didapatkan saat kita merawat mertua. Manusia yang mendapat rida Allah Swt. adalah manusia yang paling beruntung.

6. Mengingatkan dengan Cara yang Baik

Setiap manusia tidak luput dari khilaf. Sebagai manusia, kita wajib saling mengingatkan dalam hal melakukan kebaikan. Ketika mertua berbuat salah, Ladies berkewajiban untuk mengingatkan dengan cara yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman. Sebaliknya, Ladies pun harus berlapang dada jika suatu saat mertua mengingatkan untuk melakukan hal yang baik.

Bercerita kepada suami mengenai persoalan yang kita hadapi dengan mertua bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan solusi. Sebagai anak, tentu suami lebih memahami sifat mertua serta cara menyikapinya daripada kita.

7. Bercerita kepada Suami atau Keluarga

Urusan rumah tangga, termasuk persoalan antara menantu dengan mertua, sebaiknya kita simpan dan tidak diceritakan kepada orang luar yang tidak berkepentingan. Menjaga kehormatan keluarga memang merupakan sebuah kewajiban, tetapi bukan berarti Ladies tidak boleh mengeluh dan menyatakan keberatan jika ada persoalan dengan mertua.

Suami adalah tempat terbaik untuk mencurahkan isi hati. Selain itu, Ladies juga bisa bercerita kepada keluarga dekat yang bisa dipercaya untuk melepaskan beban berat di dalam hati.

8. Mendoakan Mertua

Puncak usaha manusia adalah berdoa. Allah sangat menganjurkan kita mendoakan orang tua. Jangan lupa juga untuk mendoakan mertua agar selalu dalam perlindungan-Nya dan dilembutkan hatinya untuk bisa menyayangi kita.

Demikian, Ladies, delapan tips yang bisa dilakukan agar mertua sayang kepada kita. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *