Ladies Ingin Jago Bikin Artikel?  Yuk, Ikuti 9 Tips Ini

Smart Ladies, menulis artikel untuk konten web daring merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Di zaman milenial yang serba digital ini, media daring lebih digandrungi. Selain mudah diakses, hanya dibutuhkan satu gawai untuk mengetahui banyak hal.

Kondisi ini membuat banyak media daring  bermunculan dan membuka kesempatan bagi para penulis artikel lepas. Kesempatan ini sayang untuk dilewatkan. Tinggal duduk manis di depan laptop, kita bisa dengan mudah menambah pundi-pundi rupiah di  rekening.

Meski demikian,  menjadi seorang content writer juga butuh tips dan trik. Hal ini dikarenakan setiap media daring memiliki standar sendiri dalam menyeleksi artikel yang akan ditayangkan. Apakah Ladies Ingin mencoba pekerjaan satu ini? Yuk,  ikuti 9 tips berikut.

1. Tentukan Tujuan Menulis

Menentukan tujuan dalam menulis adalah salah satu langkah awal yang sangat penting. Tujuan ini akan membuat kita tetap konsisten saat menghadapi hambatan. Bila tujuan Ladies menulis adalah untuk mencari penghasilan, jangan pernah menyerah dan  teruslah belajar agar tujuan bisa tercapai.

2. Tentukan Tema

Tips selanjutnya adalah menentukan tema yang akan dibahas. Ada beragam tema menarik yang bisa diangkat, seperti parenting, lifestyle, selebris, kuliner, traveling, serta motivasi. Pilihlah satu yang paling  Ladies kuasai dan senangi. Pilihan ini akan membantu Ladies dalam menulis dan mencari sumber informasi untuk artikel.

3. Tentukan Ide Pokok

Setelah menentukan tema, pilih ide pokok yang akan  dibahas. Usahakan ide ini menarik, unik, dan belum banyak dibahas orang lain. Hal ini akan menjadi kelebihan  artikel kita. Ide yang dituangkan dalam judul yang tepat dan eye catching akan membuat pembaca melirik dan membaca artikel Ladies.

4. Buat Kerangka Artikel

Kerangka artikel diperlukan agar tulisan tidak melebar kemana-mana, sekaligus merupakan “penuntun” agar artikel bisa rapi, runtut, dan enak dibaca. Setelah itu, buatlah paragraf pembuka, isi, serta paragraf penutup.
Ingat, jangan membuat paragraf yang terlalu panjang karena artikel akan tayang di media daring. Paragraf yang pendek akan lebih nyaman untuk mata karena indra penglihatan mempunyai keterbatasan saat membaca di layar ponsel, laptop, maupun PC.

5. Gunakan Kata Sapaan yang Tidak Kaku

Kata sapaan yang lebih disukai pembaca zaman now adalah “kamu”, “kita”, atau sapaan khusus yang sudah ditentukan oleh web, seperti “Ladies” pada web Joeragan Artikel. Jangan sampai salah menggunakan kata sapaan, ya! Akibatnya, artikel kita tak akan ditayangkan.

6. Format Listicle Lebih Diminati

Buat artikel dalam bentuk listicle.  Artikel dalam bentuk poin-poin lebih diminati karena lebih enak dibaca sehingga memudahkan pembaca menangkap inti dari artikel kita.

7. Lengkapi dengan Gambar Menarik

Sentuhan gambar yang menarik, berkualitas  HD, dan sesuai dengan isi artikel akan semakin membuat tulisan Ladies  apik. Ladies tentu bisa merasakan perbedaan antara membaca artikel yang disisipi gambar dan tidak. Selain itu, kehadiran gambar juga bisa menghindarkan mata dari kejenuhan dan kelelahan.

8. Jangan Lupakan Sumber

Sumber informasi dalam penulisan artikel harus disertakan. Bila tidak, kita bisa dianggap plagiat! Akan lebih bagus bila saat menulis sebuah artikel, Ladies membaca minimal lima sumber. Selain meminimalkan plagiasi, banyaknya referensi akan membuat tulisan Ladies lebih berwarna.Satu hal yang tak kalah penting adalah Ladies harus selalu mengecek artikel tersebut di mesin plagiarism checker sebelum mengirimkannya.

9. Sesuaikan Tema Artikel

Jika Ladies ingin menembus sebuah web daring,  pelajari terlebih dahulu jenis  tulisan yang diinginkan web tersebut. Seperti sudah dijelaskan di awal, tiap web memiliki ciri khusus artikel yang lolos tayang. Sebagus apa pun artikel Ladies, bila salah kamar tak akan bisa ditayangkan.

Menulis artikel atau jenis tulisan lain sebenarnya tidak membutuhkan bakat, Ladies hanya perlu konsistensi dan mau terus belajar. Saat artikel sudah tayang, semua usaha dan perjuangan Ladies akan terbayarkan. So, Ladies, mulailah mencoba dari sekarang.

Related posts

Leave a Comment