Kulit Buah yang Biasa Kita Buang Ternyata Menyimpan Manfaat bagi Kesehatan

Hai, Smart Ladies!

Ketika mengonsumsi buah, biasanya kita hanya mengambil daging buah dan kulitnya langsung disingkirkan. Mulai sekarang, Ladies jangan lagi membuang kulit buah karena beberapa di antaranya mengandung manfaat, terutama bagi kesehatan.

Kulit buah apa saja yang baik untuk dikonsumsi? Mari kita simak ulasan berikut.

 

1. Kulit Semangka

 

Kulit semangka yang dimaksud bukan kulit luarnya yang berwarna hijau atau kuning, melainkan kulit bagian dalam yang berwarna putih. Bagian ini, ternyata mengandung sitrulin yang berfungsi membantu mengurangi radikal bebas, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah kanker.

 

2. Kulit Apel

 

Bagi yang tidak terbiasa, makan apel beserta kulitnya mungkin akan terasa aneh. Namun, setelah mengetahui khasiat kulit apel, Ladies tentu tidak akan ragu lagi mengonsumsi buah ini beserta kulitnya sekaligus. Perlu Ladies ketahui bahwa kulit apel kaya akan serat serta kadar vitamin A dan C di dalamnya justru lebih tinggi dibanding yang terdapat pada buahnya. Jika kita mengonsumi kulit apel secara rutin, dapat membantu mengobati masalah pernapasan, bau mulut, menurunkan berat badan, dan mencegah kanker.

 

3. Kulit Mentimun

 

Buah yang sering dianggap sayuran ini sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat. Kulit mentimun mungkin sering kita konsumsi karena memiliki tekstur tipis dan rasanya tidak aneh. Tahukah Ladies khasiat yang terkandung dalam kulit mentimun? Ternyata, kulit bahan makanan ini mengandung vitamin K yang dapat meningkatkan kesehatan tulang serta mencegah pembekuan darah. Namun, cucilah dengan bersih saat akan mengonsumsinya agar lapisan lilin yang terdapat di permukaan kulit mentimun hilang.

 

4. Kulit Ari Jeruk

 

Kulit ari jeruk berupa serabut putih di balik kulit luarnya. Bagian ini mengandung hesperidin dan pektin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol, juga kaya akan serat yang membuat perut cepat merasa kenyang, serta menekan rasa lapar.

Demikian ulasan singkat seputar manfaat kulit buah yang biasa kita abaikan. Mengingat manfaatnya yang besar, sebaiknya Ladies tidak terburu-buru menyingkirkan bagian buah yang satu ini. Semoga bermanfaat.

About Purwani Wijayanti

Purwani Wijayanti
Conten Writer, Mak Comblang Joeragan Artikel (JA), PJ Antologi, Ghostwriter Artikel, dan masih ngantor.

Check Also

gambar drg. Rahayu

Bermula dari Hobi, Simak Kisah Seorang Dokter Gigi yang Menjadi Penulis dan ‘Enterpreneur’

Halo, Smart Ladies ! Pernahkah saat Ladies kecil, merasa takut ketika Mama ajak pergi ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *