Kiat Jitu Agar Anak Rajin Mengerjakan Tugas Sekolah di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Gambar oleh feelgoodjunkie dari Pixabay

Halo, Smart Ladies!

Adakah yang pernah mendapatkan pesan via japri dari para guru mengenai tugas-tugas daring anak yang belum kunjung diserahkan? Padahal Ladies sudah merasa sering bertanya atau mengingatkan tentang tugas anak. Kondisi ini kerap memicu amarah sehingga membuat pikiran menjadi sangat tidak tenang.

Muat Lebih

Di masa pandemi orang tua memang harus berperan lebih banyak dalam proses pembelajaran formal anak. Melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ), kegiatan belajar yang biasanya dilaksanakan di sekolah menjadi di rumah. Hal ini mengharuskan Ladies sebagai orang tua melakukan pengawasan penuh pada anak. Lebih baik lagi jika bisa menjadi gurunya. Sayangnya, masih banyak anak yang kurang patuh dan cenderung manja ketika diajar oleh orang tua. Dampaknya tugas terbengkalai, semakin menumpuk, akhirnya malas merampungkan. Lantas, kiat jitu apa yang bisa Smart Ladies lakukan untuk mengatasinya?

1. Jauhi Kemarahan

Rangkul anak dengan senyuman untuk dapat segera menyelesaikan tugas-tugasnya. Janjikan  akan membantu dan membersamainya. Tumbuhkan lagi semangat belajar anak.

2. Cek Semua Tugas

Buka aplikasi belajar anak, misalnya Google Class Room (GCR). Cek semua tugas yang diberikan guru dari seluruh mata pelajaran. Catat seluruh tugas yang belum diserahkan untuk selanjutnya diceklis saat sudah selesai. Usahakan dapat mencetak  soal-soal dari guru guna meringankan beban dan memudahkan anak dalam menyelesaikannya.

3. Buatlah Jadwal Kegiatan Bersama Anak

Diskusikan bersama anak ketika hendak membuat jadwal penyelesaian tugas. Ingatkan jadwal tersebut untuk ditepati pelaksanaannya.

4. Mulailah dari Mata Pelajaran yang Disenangi

Jika anak senang olahraga kita bisa mulai dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Apabila tugas yang diberikan guru adalah membuat video peragaan macam-macam start lari jarak pendek, maka tugas kita mengambil video peragaan start lari anak. Pastikan video yang telah dibuat tadi sudah diserahkan pada guru. Jangan lupa beri ceklist pada tugas yang sudah selesai karena ini bisa menyemangati anak.

5. Kawal Sampai Selesai

Tetap kawal anak sampai semua tugas dari guru terpenuhi. Tidak ada salahnya jika sewaktu mengerjakan anak menemukan kesulitan, Ladies turut serta dalam mencarikan solusi. Ingatkan untuk tidak lagi menunda-nunda suatu pekerjaan

Kegiatan-kegiatan tersebut akan membuat si kecil merasa sangat senang karena terbebas dari tumpukan tugas sekolah. Pastilah anak akan semakin menyayangi Ladies. Hingga kemudian bangun dari kemalasan dan kejenuhan yang sudah dialaminya selama masa pandemi ini. Dengan demikian anak pun akan menjadi pribadi yang rajin kembali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *