Mengelola Keuangan Keluarga (Michal Jarmoluk/Pixabay)

Kiat Cerdas bagi IRT untuk Tetap ‘Survive’ Mengatur Keuangan Keluarga yang Memiliki Dana Terbatas

Hai, Smart Ladies!

Mengelola keuangan keluarga merupakan tanggung jawab seorang ibu rumah tangga atau istri. Namun, tidak setiap rumah tangga memiliki situasi keuangan keluarga dengan dana yang stabil dan cenderung terbatas.

Lantas bagaimana kiat cerdas ibu rumah tangga untuk tetap survive dengan dana terbatas supaya keuangan keluarga berjalan lancar sampai akhir bulan?

Simak 7 kiat cerdas mengelola keuangan berikut ini, yaa, Ladies.

7 Kiat Cerdas Ibu Runah Tangga Mengelola Dana Terbatas

Besar kecilnya nominal keuangan keluarga yang ibu rumah tangga kelola adalah relatif. Namun, nominal tersebut memengaruhi kestabilan keuangan yang masuk dan keluar/cashflow, walaupun dananya tidak terlalu besar.

Tulisan ini cenderung untuk tipe keluarga kecil di perkotaan dan sub-urban dengan beban biaya hidup yang besar. Untuk menyiasatinya,  joeragan-artikel.com akan menyajikan 7 kiat cerdas bagi ibu rumah tangga yang memiliki dana terbatas, tetapi tetap bisa survive:

  1. Carilah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang menawarkan cicilan paling kecil. Mengevaluasi cicilan dan biaya rumah dengan bijak, akan memberi dampak positif bagi keuangan keluarga. Tersebab ada banyak orang yang kesulitan untuk mengatur keuangan keluarga karena cicilan rumah (KPR) sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan. Oleh karea itu, ada baiknya mencari cicilan rumah yang angsurannya tidak lebih dari 25 persen dari total gaji yang diperoleh setiap bulannya.
  2. Merencanakan belanja bulanan dengan menggunakan skala prioritas dengan cermat. Menurut para ahli keuangan keluarga, menggunakan skala prioritas merupakan cara terbaik bagi keluarga yang memilki pendapatan terbatas.
  3. Membeli barang yang tidak terlalu penting dengan mode preloved/second hand. Misalnya, mobil bekas, kulkas bekas, posel bekas, atau benda yang masih layak pakai dan bagus, tetapi tidak mengurangi fungsi utamanya.
  4. Lebih bersahabat dengan transportasi umum. Dengan kata lain, bila kita meminimalkan pemakaian kendaraan sendiri, baik motor maupun mobil, setidaknya biaya tol, parkir, dan bensin bisa lebih hemat.
  5. Ibu rumah tangga masa kini, mesti dapat memanfaatkan peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Misalnya menjadi penulis di berbagai portal daring, jualan secara daring, dan kegiatan freelance lainnya. Makin banyak penghasilan tambahan, makin banyak gaji yang dapat disisihkan untuk tabungan.
  6. Budayakan makan di rumah dan kurangi makan di luar atau di restoran. Sesekali saja makan di luar atau di restoran bukan masalah besar, tidak menjadi kebiasaan yang pada akhirnya akan mengganggu keuangan keluarga.
  7. Bijak memilih paket data internet. Kebutuhan akan kuota internet masa sekarang menjadi kebutuhan yang hampir sama prioritasnya dengan sandang, pangan, papan. Namun, provider yang menyediakan paket data murah, banyak juga, lo.
  8. Jeli dalam memanfaatkan harga diskon, gratis ongkir, hingga cash back saat belanja makanan atau pun barang kebutuhan lainnya. Dengan cara tersebut, Ladies bisa lebih menghemat banyak uang keluarga.

 

Nah, Ladies dan para ibu rumah tangga jangan kecil hati jika memiliki keterbatasan dana. Ada banyak kiat cerdas yang dapat kita  manfaatkan untuk tetap survive hidup di kota besar dan keuangan keluarga tetap sehat. Semoga bermanfaat.

About nova yulfia

nova yulfia
seorang ibu 4 anak yang menggemaskan penyuka dunia literasi

Check Also

Yuk, Intip 5 Tips Menghadapi Kenaikan Harga

Halo, Smart Ladies! Sebagai ibu rumah tangga, Ladies tentu akrab dengan istilah inflasi. Inflasi merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *