Joeragan artikel

Kenali 7 Jenis Ketakutan Penyebab Dental Phobia

Halo, Smart Ladies!


Apakah Ladies sudah mengetahui arti dental phobia? Dental phobia yaitu orang-orang yang memiliki rasa takut berlebihan untuk pergi ke dokter gigi. Ketakutan yang tidak wajar ini, disebut juga dengan istilah dental fear. Suatu ketakutan yang bahkan dapat dialami oleh orang dewasa sekalipun.


Adanya dental phobia ini tidaklah mengancam nyawa, tetapi dapat membuat seseorang abai menjaga kesehatan mulutnya. Hal ini harus segera diatasi karena mulut adalah gerbang utama kesehatan tubuh yang patut dijaga kesehatannya.


Berikut 7 dental phobia yang biasa dialami oleh kebanyakan orang.


1. Takut tanpa Ada Penyebabnya

Ada beberapa orang yang tak memerlukan alasan untuk takut pergi ke dokter gigi. Pokoknya ruangan tempat periksa gigi adalah tempat yang menyeramkan untuknya. Hanya melihat ruangan periksa, peralatan dan dokter gigi, mereka sudah ketakutan, apalagi jika harus periksa.


2. Takut Terhadap Alat-Alat Kedokteran Gigi

Ketakutan ini terjadi saat melihat alat-alat yang ada di ruang dokter gigi, misalnya kursi, tang, pinset dan bor. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan tentang fungsi dari tiap-tiap alat.


3. Orang yang Gampang Muntah

Beberapa pasien yang mengalami dental phobia adalah orang yang gampang muntah. Hal ini terjadi karena orang tersebut sensitif terhadap barang apapun yang dimasukkan dalam mulut.


4. Takut Cabut Gigi

Fobia ini bisa jadi disebabkan pada saat pertama kali periksa, mendapatkan dokter yang kurang ramah, bahkan meremehkan kondisi gigi pasien. Hal ini membuat pasien minder dan enggan ke dokter gigi lagi.


5. Takut pada Suara Mesin Gigi

Suara bor  yang berisik memang sering membuat telinga Ladies merinding.


6. Takut pada Kursi Pasien

Terkadang dokter lupa membuat nyaman pasien, terutama bila pasiennya banyak. Kursi pasien yang digunakan oleh dokter akan membuat beberapa orang tampak ngeri dan tidak nyaman.


7. Sulit Bernapas Melalui Hidung

Fobia ini diakibatkan oleh permasalahan pasien, yaitu adanya kesulitan bernapas lewat hidung ketika ada sesuatu di mulutnya. Hal ini akan menyulitkan pasien saat diperiksa giginya.


Setelah mengetahui tentang tujuh jenis dental phobia, apakah Ladies memiliki salah satu ketakutan tersebut? Jika demikian, sebaiknya Ladies berkonsultasi dahulu dengan dokter gigi. Fobia Ladies bisa disembuhkan jika memiliki keinginan kuat untuk menghilangkannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami