Joeragan artikel

Jangan Panik! Lakukan Ini Agar Durasi Memasak Semakin Cepat

Memiliki balita di rumah tentunya punya tantangan tersendiri ketika tiba waktu memasak. Apalagi, bila balita sedang akti-aktifnya jadilah waktu memasak harus dipersingkat. Namun, tak berarti nutrisi dalam makanan harus dipangkas.

Masalah sedikitnya waktu memasak bukan menjadi alasan fast food menjadi pilihan. Nah, berikut trik memangkas waktu memasak agar semakin cepat, tetapi tetap terasa nikmat.

1. Siapkan Bumbu Dasar Beku

Sebagaimana jurus jitu yang dipaparkan oleh Dewi Lestari dalam kuliah WhatsApp “Masak Sekejap untuk Sekeluarga”. Dengan menyediakan bumbu dasar beku bisa sangat membantu ketika Ladies memasak. Bagaimana caranya?

Bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kemiri adalah bahan dasar yang paling sering digunakan ketika dimasak. Cucilah terlebih dahulu bahan-bahan tersebut. Ingat, jangan dicampur. Sediakan juga tempatnya masing-masing. Kemudian masing-masing bahan dihaluskan atau diblender. Setelah itu berikan air secukupnya dan dimasak hingga tampak seperti bubur yang meletup-letup. Kemudian berikan minyak goreng 2-5 sendok.

Setelah itu diamkan agar uapnya keluar. Kemudian masukkan ke dalam freezer agar semakin awet. Ini bisa awet hingga satu bulan lebih. Bila sudah akan digunakan segera keluarkan dari freezer atau bisa juga disimpan di kulkas biasa. Jadi, tinggal dimasukkan begitu saja ketika akan memasak. Mudah bukan? Dan, ini tak mempengaruhi rasanya.

2. Bersihkan Sebagian Bahan Dasar

Bila menginginkan bawah merah dalam bentuk irisan bukan dalam bentuk bubur di atas. Bisa dilakukan dengan membersihkan bawang merah. Caranya cukup direndam sekitar 1-2 jam dalam air kemudian dibersihkan. Dijamin mata tidak akan perih. Kemudian disimpan di wadah plastik. Ini bisa bertahan selama satu minggu ke depan.

Jadi, ketika butuh taburan bawang merah dalam makanan tinggal dicuci dan dipotong-potong kembali dan diolah. Durasi memasak jadi lebih singkat, bukan?

3. Perhatikan Harga Bahan Dapur

Ketika harga cabai rawit sedang murah meriah. Ladies bisa membeli dalam jumlah yang banyak kemudian membuat bumbu beku seperti yang sudah dijelaskan di atas. Cara ini dijamin ampuh menghemat pengeluaran di dalam dapur. Sehingga ketika harga cabai rawit melonjak Ladies tak perlu repot-repot membeli cabai rawit.

4. Manfaatkan Freezer

Ladies, pecinta kacang merah? Kacang merah sering diolah menjadi sup bersama tulang sapi. Nah, agar cepat ketika tiba saat memasak. Cobalah rendam selama semalam kacang merah tersebut. Keesokan paginya direbus hingga kacang merah agak pecah. Kemudian dinginkan dan disimpan ke dalam freezer. Nah, Ladies bisa mengambil kapan saja ketika akan mengolahnya.

Begitupun dengan olahan ayam. Bila ingin menu ayam bumbu kuning. Cukup direbus dengan beragam bumbu kemudian dinginkan dan masukkan ke dalam freezer. Jadi, ketika ingin melahapnya tinggal dikeluarkan dari freezer dan tunggu menjadi suhu ruang. Barulah digoreng.

Mudah, gampang, dan murah kan, Ladies? Jadi tak ada alasan malas memasak makanan menu sehat hanya karena waktu terbatas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami