Kesehatan

Jangan Kalut dengan Kutu Rambut

Hai, Smart Ladies!

Apakah saat ini rambut anak-anak Ladies masih berkutu? Ukuran kutu memang kecil dan sering dianggap remeh. Namun, hal itu bisa menimbulkan masalah jika tidak segera teratasi. Kutu memiliki nama Latin yang cantik, yaitu  Pediculus humanus capitis. Sayang, kelakuan binatang mini ini tak seindah namanya. Ya, dia dicap sebagai parasit yang mengganggu.

Rasa gatal, panas, dan tak nyaman akan dirasakan si inang. Rasa gatal tersebut  berasal dari air liur atau tinja kutu. Saat kutu berjalan, juga dapat menimbulkan rasa gatal di kulit kepala. Menggaruk, bisa menjadi solusi sementara. Namun, bisa timbul masalah baru jika sampai lecet dan luka. Nah, tambah runyam, bukan? Untuk mengatasi kutu rambut di kepala, berikut beberapa tips yang dapat Ladies lakukan:

1. Potong Rambut

Kutu betina dewasa bertelur mencapai 70 butir setiap minggu. Telur itu berwarna keputihan dan melekat erat pada helaian rambut. Dengan memendekkan, kita akan  lebih mudah menanganinya.

2. Sisir Serit

Serit adalah alat berupa sisir, tetapi jarak antar mata sisir lebih rapat dan pendek. Pilihlah serit yang tidak menimbulkan rasa sakit apabila dipergunakan. Serit berbahan kayu lebih disarankan untuk digunakan.

Siapkan kertas lebar berwarna terang di atas meja. Kemudian, Ladies dapat meminta anak untuk menunduk. Dengan perlahan, sisirlah rambut secara merata ke arah kertas. Niscaya, kutu akan berjatuhan.

3. Petan

Petan adalah tradisi leluhur dalam rangka menangkap basah kutu di kepala. Cukup dengan memilah berurutan dari atas sampai bawah rambut seluruh bagian kepala. Mirip yang dilakukan saat creambath di salon kala Smart Ladies ber-me time.

Petan berguna untuk menarik pelan butiran telur yang menempel pada rambut. Selanjutnya, tinggal dipencet dengan kuku ibu jari sampai berbunyi “tik” halus. Makin sering kita melakukan petan, akan makin lihai membedakan telur yang belum dan sudah menetas.

Sasarannya memang telur yang belum menetas agar tak sempat berkembang menjadi bayi kutu. Terkadang, dapat rezeki nomplok, memergoki kutu di kulit kepala. Ladies dapat mengambil perlahan dan hati-hati dengan menjepitkan ujung ibu jari dan telunjuk.

4. Obat Kutu

Kita bisa menggunakan obat dalam dalam mengatasi kutu rambut. Banyak obat tradisional maupun kimia yang dipercaya dapat memberantasnya. Jeruk lemon dan cuka adalah contoh obat tradisional. Obat kimia juga efektif dan aman digunakan. Silakan dicoba sesuai yang diinginkan.

5. Creambath Kutu

Saat ini, beberapa salon menawarkan jasa pembasmian kutu. Langkah pertama yang ditempuh dengan melakukan keramas. Selanjutnya, dioleskan krim khusus antikutu pada kulit kepala dan rambut. Selain itu, dilakukan beberapa treatment lain. Dengan creambath kutu, dijamin, kutu musnah, rambut pun bersih terawat.

6. Setop Saling Pakai Barang

Anak-anak mempunyai kebiasaan saling mencoba dan memakai barang teman. Misalnya, jepit rambut, bando, sisir, jilbab, mukena, dan lainnya. Padahal, semua barang itu berpotensi menjadi perantara penularan kutu rambut. Untuk itulah, selalu ingatkan anak agar tidak lagi berlaku demikian.

Nah, jika ada putri Ladies sedang berkutu, tak perlu galau dan kalut karena hal ini lumrah terjadi.  Tentu,  semakin cepat diatasi, akan semakin baik.

 

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close