Jangan Dibuang! Air Cucian Beras Ternyata Menyimpan Segudang Manfaat

Halo, Smart Ladies.
Setiap hari kita mencuci beras dan terbiasa membuang airnya begitu saja. Padahal, walau berwarna keruh, ternyata air cucian beras menyimpan segudang manfaat. Bahkan, salah satu merk kosmetik ternama dari Jepang menggunakan hasil fermentasi air beras, pitera, sebagai bahan dasarnya.

Air hasil cucian beras mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi perawatan wajah, kulit, dan rambut. Di dalam air beras terkandung vitamin, mineral, asam amino, asam ferulat, antioksidan kuat, allantoin yang bersifat antiinflamasi, serta oryzanol yang mampu menangkal sinar ultraviolet.

Cara Membuat Air Beras

Membuat air cucian beras yang kaya  manfaat ini sangatlah mudah. Cuci dua sendok makan beras dengan segelas air. Buang air cucian pertama untuk menghilangkan kotoran, lalu gosok beras hingga air berwarna putih susu. Saring dan simpan di dalam botol tertutup, kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin agar bertahan selama satu minggu.  Bila diletakkan dalam wadah terbuka, air ini hanya mampu bertahan satu hari.

Manfaat Air Cucian beras

1. Untuk Perawatan Wajah dan Kulit
Di Jepang, petani perempuan terbiasa menggunakan air beras untuk mandi.  Hal ini membuat kulit mereka tetap putih dan bersih, walau terpapar cahaya matahari. Air cucian beras bisa digunakan sebagai pembersih, toner, perawatan jerawat, mengobati iritasi serta mengecilkan pori-pori. Rutin mengaplikasikannya pada kulit wajah dan seluruh tubuh akan membuat kulit lebih lembut, kencang, bercahaya, dan mengurangi produksi minyak.

Fermentasi dari air beras dapat menghasilkan pitera yang berfungsi membuat kulit dan wajah terlihat lebih cerah. Cara pemakaiannya cukup mudah. Celupkan kapas atau pad dalam air beras, tepukkan secara perlahan pada wajah, dan tunggu hingga kering.

2. Untuk Perawatan Rambut
Ladies mempunyai keluhan rambut berketombe, pecah-pecah, bercabang, dan tipis? Sering-seringlah mencuci rambut dengan air bekas cucian beras. Kandungan inositol dan vitamin B9-nya mampu menembus akar rambut dan membuatnya lebih sehat. Bahkan, penggunaan air cucian beras dengan rutin bisa menghilangkan kutu beserta telurnya.

Cuci rambut dengan air beras, diamkan beberapa saat, setelah itu cuci seperti biasa menggunakan sampo. Mencuci rambut menggunakan air cucian beras bisa membuat rambut tumbuh subur dan lebih lebat. Bila rambut Ladies bercabang, celupkan pada air beras selama 10-15 menit, kemudian bilas seperti biasa.

Dengan rutin mengaplikasikan air cucian beras pada wajah, kulit, dan rambut, kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan beras organik tanpa tambahan bahan lain untuk hasil terbaik. Perawatan secara tradisional tidak bisa seinstan perawatan modern, ya, Ladies. Asal konsisten dan sabar, kulit, wajah, dan rambut Ladies dijamin akan sehat dan cantik.

Related posts

Leave a Comment