Jangan Abaikan! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Sejak Dini

Jangan Abaikan! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Sejak Dini

Semua orang tua pasti sangat menyayangi anak-anaknya. Kasih sayangnya sama baik terhadap anak laki-laki maupun perempuan. Alangkah bahagianya orang tua jika melihat mereka ceria dan bergairah karena itu artinya mereka sehat. Sebaliknya, orang tua akan merasa sedih jika mereka tidak bergairah dan kehilangan selera makan. Sebab itu berarti pertanda mereka sedang sakit. Oleh karena itu, orang tua wajib tahu cara menjaga kesehatan anak karena akan menentukan masa depannya nanti.

Anak sehat akan mendapat kemudahan untuk mewujudkan cita-citanya kertika sudah dewasa. Sebaliknya, jika anak sakit-sakitan apalagi hingga dewasa maka akan tidak mudah untuk mewujudkan cita-citanya kelak. Berikut ini adalah tips cara menjaga kesehatan mereka, ya Smart Ladies!

1. Mencukupi Nutrisinya

Nutrisi untuk anak tidak harus makanan mahal dan mewah dengan membawanya ke restoran berkelas atau banyak mengajaknya makan di luar. Anak-anak hanya membutuhkan makanan sehat dan bergizi. Hal ini harus dibiasakan oleh orang tua pada mereka sejak dini sehingga merekaa terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman sehat dari rumah. Pola makan seperti ini bisa membantu menjaga kesehatan anak.

Boleh-boleh saja membawa mereka makan di luar, tetapi jangan terlalu sering. Sebab jika hal tersebut kerap dilakukan oleh orang tua maka akan menjadi kebiasaan sehingga mereka malas makan di rumah. Sebab sebaik-baik makanan untuk anak adalah hidangan fresh yang buat di rumah oleh orang tua.

Anak-anak memerlukan pola makan seimbang dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, mineral, sayuran, dan buah-buahan.

Hindari memasak dengan banyak menggunakan minyak, ya. Sebaliknya usahakan menghidangkan makanan dengan cara dikukus, direbus, dan dipanggang. Selain itu, kurangi mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan garam atau gula yang berlebih. Mereka juga harus memiliki jadwal makan tepat waktu sehari tiga kali yaitu pagi, siang, dan sore hari.

2. Senang Bermain dan Berolahraga

Tips berikutnya untuk menjaga kesehatan anak dengan bermain dan berolahraga bersama teman-temannya. Hal ini akan membuat anak-anak merasa senang karena energinya yang tinggi bisa tersalurkan.

Selain itu, ciri-ciri anak sehat di antaranya adalah gemar bermain dan berolahraga. Sebab dunia anak sangat erat hubungannya dengan gerak tubuh sehingga bisa tersalurkan melalui kedua aktivitas tersebut.

Sebenarnya, bermain dan berolahraga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara fisik maupun secara mental. Selain itu, anak juga belajar bersosialisasi dengan teman-temannya.

3. Istirahat yang Cukup

Semakin besar anak maka jam tidur siangnya semakin berkurang. Pada umumnya, mereka  lebih senang bermain daripada diajak tidur siang. Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan banya effort agar mereka mau tidur siang.

Biasanya, anak usia 1-2 tahun membutuhkan waktu sebanyak 11-14 jam untuk jumlah waktu tidur siang dan malam. Pada malam hari, jangan biasakan mereka begadang atau tidur larut malam.

4. Senang Cuci Tangan dan Kaki

Menjaga kesehatan anak harus diajarkan sedini mungkin. Biasakan anak-anak untuk mencuci tangan dan kaki setelah bermain atau pergi dari luar.  Sebab banyak bibit penyakit bersumber dari tangan dan kaki yang kotor. Hal ini untuk meminimalisir mereka dari sakit flu, demam, batuk, diare, dan infeksi.

Selain itu, terangkan pada mereka tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Menanamkan pemahaman kesehatan pada mereka memang membutuhkan waktu. Namun hal itu akan mereka ingat dan praktikkan hingga besar nanti.

5. Membiasakan Gosok Gigi

Jagalah kesehatan gigi anak dengan memberinya makanan sehat. Hindari memberi camilan yang mengandung banyak gula seperti permen dan coklat. Sebab hal itu bisa merusak kesehatan giginya. Gantilah camilan mereka dengan buah dan sayuran atau Anda bisa membuat camilan sehat sendiri di rumah.

Selain itu, ajarkan mereka untuk mengosok gigi minimal dua kali sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Beri tahu pada mereka bahwa kotoran yang tertinggal di gigi bisa merusak kesehatan gigi seperti keropok atau bolong, gigi hitam, gigi patah, dan bau mulut.

Lima tips di atas dapat membantu menjaga kesehatan anak sejak dini. Persiapkan masa depan mereka dari sekarang dengan menjaga kesehatanya, ya Smart Ladies!

 

Elyn Wulandary
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

34 − 26 =