Jalan-Jalan ke Kota Perwira, Inilah 5 Hal Menarik di Purbalingga

Jalan-Jalan ke Kota Perwira, Inilah 5 Hal Menarik di Purbalingga

Halo, Smart Ladies!

Purbalingga adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Letaknya yang berada di lereng Gunung Slamet membuat dataran di kota ini berbukit dan tinggi. 


Udaranya juga termasuk dingin dan sejuk menyegarkan. Meski wilayahnya tidak terlalu luas, keramaiannya sudah hampir sama dengan kabupaten lain yang lebih besar. Jika Ladies ingin berjalan-jalan ke kota ini, berikut lima hal menarik yang layak dikunjungi di kota Purbalingga.


1. Museum Jenderal Sudirman


Jenderal Sudirman lahir di Desa Makam, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Beliau adalah seorang pejuang kemerdekaan yang namanya masih harum dan dikenal hingga sekarang. Jenderal yang terus berjuang dan tetap bersemangat, meski tengah sakit. Semua itu dilakukan agar para prajuritnya tidak ragu membela negara dan melepaskan diri dari penjajah. Perjuangan Jenderal Sudirman membuat siapa saja hormat kepadanya. Untuk mengenang jasa beliau, pemerintah Kabupaten Purbalingga membuat Museum Jenderal Sudirman. Setiap tahun, museum ini mengadakan lomba tandu untuk mengenang perjuangan beliau.


2. Owabong


Objek wisata air Owabong terkenal hingga seluruh Jawa Tengah, bahkan Pulau Jawa. Objek wisata ini terletak di Desa Bojongsari sehingga diberi nama Owabong yang merupakan kepanjangan dari Obyek Wisata Air Bojongsari.


Owabong mempunyai banyak wahana permainan air yang disuguhkan untuk wisatawan. Wahana itu antara lain kolam renang, kolam ombak, bola air, dan lain sebagainya. Objek wisata ini berada di lahan yang cukup luas dan hampir setiap tahun pihak pengelola berinovasi dengan mengembangkan wahana baru.


3. Gua Lawa


Gua Lawa adalah gua peninggalan zaman dahulu dengan gerbang yang berbentuk lawa dan merupakan simbol Kota Purbalingga. Gua ini terletak di Kecamatan Karangreja, sebelah utara Kota Purbalingga. Hawa sejuk di Gua Lawa disebabkan letaknya berada persis di lereng Gunung Slamet sehingga semakin menambah kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke sana.



4. Kebun Bunga Kutabawa

Desa Kutabawa terletak berdekatan dengan lokasi Gua Lawa. Desa Kutabawa merupakan sebuah dataran tinggi yang sejuk dengan tanaman bunga yang tumbuh subur. Tak heran, pemerintah daerah membuat kebun bunga yang cantik dan indah dipandang mata. Saat musim bunga tiba, mata tak akan bosan memandang aneka bunga yang berwarna-warni. Keanekaragaman bunga yang tumbuh di sana menjadi pesona tersendiri yang menawan.


5. Curug Cingongah

 

Curug Cingongah terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet. Curug ini sangat menarik karena dikelilingi tebing dengan aneka tanaman yang tumbuh liar seolah ditata dengan rapi. Uniknya lagi, terdapat tiga air terjun yang mengalir di sana, yaitu di bagian tengah, kanan, dan kiri sungai. Kesejukan udaranya membuat hati adem dan tenteram, sementara airnya yang jernih menciptakan kesegaran yang alami.

Nah, Ladies, jangan lupa untuk segera mampir ke Kota Perwira. Semoga bermanfaat.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah
Yutaka Latifah
contributor
Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

37 − = 28