Intip, Yuk! 5 Hikmah Kesuksesan Bos JNE

  • Whatsapp
Hikmah di Balik Kesuksesan Johari Zein [Republika.com]

Halo, Smart Ladies!

Siapa yang tidak tahu JNE? Perusahaan jasa pengiriman ini terkenal di Indonesia karena profesionalitas dan jaminan atas kepuasan yang diberikan kepada pelanggannya. Perusahaan ekspedisi ini berdiri pada tahun 1990. Selain sudah memiliki cabang di seluruh Indonesia, JNE saat ini tercatat telah mempekerjakan 23.000 karyawan. Keberhasilan JNE tidak lepas dari tangan dingin Johari Zein sebagai pendiri dan pemilik. Kisah suksesnya banyak dibicarakan orang.

Dalam sebuah wawancara dengan Coach Yudi Candra di kanal YouTube-nya, Johari Zein berbagi kisah sukses yang dapat dijadikan teladan. Berikut 5 hikmah dari kesuksesan Johari Zein dalam membangun bisnis.

  1. Peran Istri

Johari Zein mengakui bahwa kesuksesan yang telah diraihnya saat ini tidak lepas dari dukungan sang istri. Hampir semua urusan rumah tangga ditangani istrinya sehingga ia bisa lebih fokus mengembangkan usahanya.

  1. Sifat Jujur sebagai Kunci Kesuksesan

Banyak orang menganggap bahwa ketersediaan modal merupakan kunci sukses sebuah usaha. Namun, hal ini ditepis oleh Johari Zein. Menurutnya, sifat jujur adalah modal utama yang harus dimiliki para pemilik usaha atau bisnis. Apabila seseorang sudah memiliki sifat jujur,  dia akan diterima dan dipercaya siapa pun sehingga orang tidak segan menanamkan saham untuk usahanya.

Selain itu, Johari juga mengungkapkan bahwa agar bisnis berkembang, para pelaku usaha harus selalu terbuka terhadap setiap perubahan. Hal ini bisa dimulai dengan cara selalu berpikir positif terhadap semua orang dan selalu menjalin komunikasi dengan berbagai pihak. Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak senang menunda tugas dan selalu menyelesaikan masalah secara langsung agar bisa fokus ke tugas selanjutnya.

  1. Fokus pada Solusi

Menurut Johari, bagi para pemula yang ingin menjalankan bisnis, keuntungan hendaknya tidak dijadikan sebagai hal yang utama. Para pemula sebaiknya lebih fokus untuk menemukan solusi atas hambatan yang dihadapi dalam bisnisnya. Menurutnya, apabila solusi sudah ditemukan, keuntungan akan mengikuti.

  1. Tetap Rendah Hati

Di mata karyawannya, Johari adalah seorang yang rendah hati. Baginya, setiap orang apa pun profesinya, memiliki kedudukan yang sama. Beliau dikenal ramah kepada setiap orang dan selalu berpikir positif terhadap orang yang pertama kali ditemuinya. Sebelum mengetahui kekurangan seseorang, ia selalu menganggap bahwa setiap orang “bernilai 100”.

Sikap rendah hatinya juga dibuktikan dengan tetap menyambung silaturahmi dengan kawan masa kecilnya bernama Yanto, anak dari asisten rumah tangganya selama di Medan. Setelah sukses membangun bisnis di Jakarta, Johari mencari teman masa kecilnya yang ternyata membuka bengkel di Medan. Setelah mereka bertemu, Johari pun mengajaknya beribadah umrah sekeluarga.

  1. Meraup Berkah Melalui Kegiatan Sosial.

Menurut Johari, sebuah kegiatan komersial akan bernilai apabila memberikan manfaat kepada orang lain. Petikan salah satu ayat Al-Qur’an dalam surah Al-Ma’un mendorongnya untuk selalu berbagi kepada anak yatim dan kaum duafa. Untuk mewujudkan niatnya tersebut, ia mendirikan Yayasan Johari Zein pada tanggal 3 Mei 2017.

Selain itu, yayasan tersebut mempunyai misi besar untuk membangun 99 masjid. Misi ini berawal dari sebuah tekad dalam hati Johari untuk membangun sebuah masjid. Ternyata, melalui sebuah mimpi, tekadnya makin melambung untuk mendirikan lebih banyak masjid. Melalui kegiatan ini, banyak orang menganggap bahwa JNE memiliki konsep manajemen spiritual.

Demikian beberapa hikmah yang dapat diambil dari kesuksesan seorang Johari Zein. Semoga menginspirasi Ladies semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar