Entertainment

Intip, yuk, 3 Rekomendasi Film Bertema Perjuangan Indonesia!

Tahun ini, kita memperingati ulang tahun ke-75 kemerdekaan Indonesia. Namun, ulang tahun kemerdekaan kali ini menjadi spesial karena dirayakan dalam masa pandemi COVID-19.

Pemerintah melarang kegiatan perayaan yang mengumpulkan banyak massa. Walaupun terasa berat, sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita mendukung kebijakan ini. Sebagai gantinya, kita bisa memperingatinya dengan cara menonton film perjuangan.

Nah, 3 film perjuangan berikut ini sangat direkomendasikan untuk Ladies tonton.

  1. Naga Bonar 1 dan Naga Bonar Jadi 2

Apabila Ladies menyukai film bergenre komedi, film Naga Bonar sangat pas untuk ditonton. Film ini berkisah tentang Naga Bonar, seorang mantan narapidana pencopet, yang ikut berjuang melawan penjajah Belanda di Sumatra Utara. Sebagai bumbu, film ini juga menceritakan kisah romantis berbalut komedi antara Naga Bonar dengan Kirana yang diperankan Nurul Arifin.

Selain itu, film ini juga berkisah tentang kesetiakawanan Naga Bonar kepada anak buahnya dan bakti Naga Bonar kepada ibunya. Sementara itu, Naga Bonar Jadi 2 banyak menyuguhkan konflik antara Naga Bonar dengan anaknya, Bonaga.

  1. Sang Kiai

Film yang dirilis pada tahun 2013 ini bercerita tentang perjuangan pahlawan nasional K.H. Hasyim Asy’ari dalam melawan penjajah Jepang dan Belanda. Keberaniannya melawan penjajah Jepang ditunjukkan dengan menolak melakukan ritual Sekerei, yaitu penyembahan matahari. Ketika Presiden Soekarno meminta bantuannya untuk melawan sekutu di Surabaya, sang Kiai menyambutnya dengan mengeluarkan Resolusi Jihad. Film ini sangat baik untuk ditonton bersama anak-anak karena mengajarkan semangat perjuangan dan persatuan.

  1. Bumi Manusia

Film yang bergenre romansa sejarah ini diangkat dari novel fenomenal karya Pramudya Ananta Toer. Berlatar kehidupan masa penjajahan Belanda, film ini mengangkat kisah R.M. Tirto Adhi Soerjo (TAS), seorang tokoh kebangkitan pers nasional.

Secara keseluruhan, film ini menceritakan tentang perjuangan cinta Tirto, yang dipanggil Minke dengan gadis blasteran, Annelies Mellema. Cinta mereka terkendala oleh hukum penjajah yang menganggap bahwa pribumi memiliki derajat lebih rendah. Hal inilah yang mengobarkan semangat Minke untuk berjuang melawan tirani penjajah melalui jalur pers. Film ini sebaiknya tidak ditonton bersama anak-anak karena banyak adegan yang tidak sesuai untuk mereka.

Demikian tiga film perjuangan yang bisa Ladies tonton untuk merayakan HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Selamat menonton!

 

Show More

Ani Handayani

Penulis adalah ibu rumah tangga yang sedang belajar dan aktif dalam penulisan artikel dan fiksi. Sekarang tinggal di sebuah pedesaan di kabupaten Sleman DIY

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close