Rumah Adat di Desa Sade Lombok (Rumah.com)
Rumah Adat di Desa Sade Lombok (Rumah.com)

Inilah Pesona Desa Sade, Lombok, Lokasi Ajang MotoGP Mandalika yang akan Mendunia

Hai, Smart Ladies!

Acara besar tentang perhelatan MotoGP di sirkuit Mandalika yang akan digelar turut mewarnai lokasi yang ada di sekitarnya. Ada satu desa yang selama ini belum familiar bagi kita yang jauh dari jangkauan wilayah Lombok, yaitu Desa Sade.

Desa Sade adalah salah satu dusun di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini terkenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak. Suku Sasak Sade sudah terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Lombok.

Kini, Desa Sade kerap kali disandingkan dengan perhelatan MotoGP Mandalika tersebut. Makin penasaran kan Ladies, seperti apa pesona Desa  Sade yang tidak hanya sarat kearifan lokal, tetapi konon juga indah?

Desa Sade kian bersolek untuk menyambut kedatangan wisatawan yang akan menyaksikan acara berskala dunia tersebut.

Menurut beberapa sumber yang telah  joeragan-artikel.com rangkum, waktu tempuh perjalanan dari Mandalika ke Desa Sade memerlukan waktu sekitar 40 menit.

Selain telah mempersiapkan warga lokal untuk menyambut gelaran akbar tersebut, pemerintah juga memberi kesempatan kepada warga sekitar sirkuit Mandalika dalam sektor ekonomi.

Setidaknya, jika Ladies pergi ke Mandalika untuk menonton MotoGP, nikmati pula pesona Desa Sade.

Ladies, inilah 3 pesona Desa Sade yang bisa dijadikan referensi destinasi wisata:

Pesona Desa Sade Lombok
Pesona Desa Sade Lombok (Liputan6.com)

Kopi Sasak

Penyuka kopi pasti sangat senang mencicipi kopi Sasak karena acara minum kopi di suku Sasak merupakan tradisi yang telah mereka lakukan turun-temurun.

Kopi khas Sasak ini memiliki perbedaan dengan kopi pada umumnya. Rahasianya ada pada penggunaan wajan tanah liat hingga gosong dan tercium bau harumnya. Biji kopi disangrai terlebih dahulu.

Sebelum digiling, kopi akan dicampurkan dengan sedikit beras dan kelapa yang diiris tipis.

Rumah Bale

Di Desa Sade, terdapat Rumah Bale. Dinding rumah Bale terbuat dari anyaman bambu, beratap jerami, dan beralaskan tanah.

Rumah Bale, struktur bangunannya terbuat dari kayu berkualitas bagus sehingga bangunannya tetap kokoh hingga 15 keturunan. Uniknya, struktur bangunan rumah Bale tidak menggunakan plester pada umumnya, melainkan dengan kotoran kerbau.

Sementara lantai rumah dengan menggunakan campuran kotoran kerbau, tanah liat, dan air agar tanah tidak retak dan untuk mengusir nyamuk.

Oya, karena keunikannya, di Desa Sade hanya terdapat 150 unit rumah Bale.

Kain Tenun Lombok

Jika suatu saat Ladies berwisata ke Lombok, jangan lupa oleh-oleh khas yang satu ini, yakni kain tenun Lombok. Kualitas kain tenun Lombok yang merupakan kerajinan tangan warga Desa Sade, sudah terkenal baik.

Masyarakat Desa Sade juga terbuka, lo, bagi wisatawan untuk melihat langsung proses pembuatan kain tenun yang tersohor itu.

Demikian pesona Desa Sade yang siap mendunia bersama perhelatan akbar dunia, MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Semoga bermanfaat, yaaa, Ladies …

 

About nova yulfia

nova yulfia
seorang ibu 4 anak yang menggemaskan penyuka dunia literasi

Check Also

5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Kepenulisan

Hai, Smart Ladies! Selama pandemi, komunitas kepenulisan berbasis daring makin populer dan digemari. Tak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *