Joeragan artikel

Inilah Hal yang Selalu Menjadi Momok Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Halo, Smart Ladies. 

Masa kehamilan merupakan momen yang selalu dinantikan setiap pasangan yang telah berkeluarga. Di masa kehamilan tersebut, pasangan suami istri akan menjalani proses menjadi orang tua dengan menjaga dan merawat anak sejak dalam kandungan.
Seiring berjalannya waktu, selama masa kehamilan, biasanya akan muncul berbagai kekhawatiran dan ketakutan pada pasangan tersebut, salah satunya adalah takut salah menangani janin. Sebenarnya, hal ini wajar-wajar saja karena sebagai orang tua baru, Ladies pasti membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari berbagai masalah kehamilan.

Biasanya, pasangan muda akan merasakan berbagai kekhawatiran, terutama mendekati masa persalinan. Lalu, apa sajakan bentuk kekhawatiran tersebut? Yuk, kita kupas satu per satu.

1. Takut dengan Proses Melahirkan

Hal yang paling ditakuti oleh ibu muda sebelum melahirkan adalah proses persalinan. Sebenarnya, Ladies tidak usah terlalu khawatir karena rasa sakit saat melahirkan tidak seperti yang dibayangkan. Ladies hanya akan mengalami kontraksi dalam waktu yang singkat, jadi tidak akan merasakan sakit terus menerus. Artinya, ada jeda yang cukup untuk kita bisa mengolah rasa sakit saat proses persalinan. Rasa nyeri ketika persalinan semakin dekat akan meningkat setiap waktu. Jadi, kita bisa melatih rasa sakit tersebut agar terasa lebih ringan.

2. Takut Epidural Tidak Mempan

Semua orang selalu menginginkan proses persalinan yang lancar, minim rasa sakit, dan aman. Nah, salah satu caranya adalah menggunakan bius epidural. Biasanya, epidural (bius lokal) digunakan selama proses melahirkan untuk membuat tubuh bagian tertentu mati rasa.

Ibu yang baru pertama kali menggunakan epidural ini biasanya membawa kekhawatiran sendiri, seperti takut bila obat biusnya tidak mempan. Menurut penelitian, hanya ada 12% epidural yang gagal berfungsi dalam proses melahirkan. Jadi, seandainya Ladies masih merasa sakit saat akan melahirkan, segeralah memberitahu perawat agar bisa mendapatkan penanganan tepat waktu. 

3. Takut Melahirkan di Jalan

Setiap orang hanya bisa menebak-nebak waktu lahir si kecil. Mereka khawatir akan melahirkan di tengah perjalanan akibat macet, jarak rumah sakit yang jauh dari rumah, dan masih banyak lagi. Tentu saja, hal ini akan membuat Ladies waswas menantikan proses persalinan yang bisa terjadi kapan saja.

Perlu Ladies ketahui, ternyata proses persalinan tidak bekerja begitu cepat, bahkan terkadang ada kontraksi pada uterus yang menyebabkan “kontraksi palsu”. Tidak hanya itu, ibu yang akan melahirkan juga membutuhkan waktu sekitar satu jam atau lebih agar bayinya keluar. Jadi, Ladies bisa melakukan perjalanan dari rumah ke rumah sakit dengan tenang.

4. Takut Jahitan Operasi Sesar Akan Terasa Sakit

Jika Ladies ingin melahirkan lewat jalan operasi sesar, pernahkah memikirkan rasa sakit akibat jahitan bekas operasi terlepas? Sebenarnya, Ladies tidak perlu mengkhawatirkan hal yang satu ini.

Pemulihan setelah operasi sesar membutuhkan waktu kurang lebih enam minggu sampai satu tahun. Sebenarnya, hal ini wajar terjadi karena operasi akan mengakibatkan terjadinya pendarahan yang lebih lama dan Ladies akan merasakan sakit akibat bekas sayatan di bagian perut.
Jadi, operasi sesar tidaklah seburuk yang dibayangkan karena saat merawat si kecil, kita akan melupakan rasa sakit tersebut. Namun, perlu diingat untuk tidak melakukan pekerjaan berat selama beberapa minggu ke depan.

Nah, Ladies, itulah beberapa hal yang dianggap menakutkan bagi ibu hamil yang akan melahirkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami