Joeragan artikel

Inilah Angan-Angan Orang yang Telah Meninggal

Setiap manusia biasanya memiliki berbagai macam angan-angan dan harapan. Orang miskin berangan-angan menjadi kaya, memiliki kebun yang luas, rumah megah, dan harta benda mewah lainnya agar bisa hidup dengan kenikmatan dunia. Begitu juga dengan orang kaya, berangan-angan kekayaannya selalu bertambah.

Di belahan alam lain, ada sekelompok manusia yang juga mempunyai angan-angan, tetapi mereka tidak akan mungkin mewujudkannya dalam kenyataan. Mereka adalah sang mayat yang berangan-angan kembali ke dunia dan melakukan amalan untuk menolongnya dari siksa neraka.

Berikut ini angan-angan orang yang telah meninggal dunia. 

 

1. Salat walau Hanya Dua Rakaat

Orang-orang fasik atau buruk sangat berharap dapat kembali ke dunia agar bisa melaksanakan salat, meskipun hanya dua rakaat. Mereka sangat menyesal karena sudah lalai dari salatnya ketika masih berada di dunia.
Dalam sebuah riwayat diceritakan Rasulullah melewati sebuah kuburan, lantas bertanya, “Siapa penghuni kuburan ini?” Mereka memberi jawaban, “Ini kuburan si Fulan.” Kemudian Rasulullah bersabda, “Dua rakaat lebih dia cintai dari dunia kalian.” (Riwayat Al Hakim dalam Al Mustadrak no. 7933).

2. Bersedekah 

Pelaku keburukan yang telah meninggal sangat ingin kembali ke dunia, meskipun sedetik saja, agar bisa bersedekah karena Allah. Mereka menyadari bahwa sedekah adalah amalan yang paling dicintai Allah dan bisa memadamkan murka-Nya. Semua keutamaan sedekah disadarinya, tetapi sudah terlambat. Mereka kini hanya bisa berangan-angan kembali ke dunia untuk bersedekah setelah sebelumnya semua hartanya habis untuk bersenang-senang.

3. Bisa Beramal Saleh

Pelaku maksiat yang telah meninggal dunia sangat berharap kembali ke dunia agar bisa menjadi orang saleh, bisa melakukan amal saleh, bisa memperbaiki yang telah dirusaknya, dan bisa menaati Allah. Mereka berharap bisa berzikir, walau satu kali dan berharap bisa berbicara, walaupun hanya satu kalimat tasbih.


Mereka telah melihat tempatnya di akhirat kelak. Mereka sadar sudah menyia-nyiakan waktunya selama hidup di dunia sehingga sangat ingin kembali ke dunia untuk beramal saleh.

Nah, Ladies, semua angan-angan sang mayat adalah sebuah keterlambatan. Semoga kita bisa menjadikannya pelajaran agar hidup menjadi lebih baik dan menjadi penghuni surga di kehidupan kekal nantinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami