Joeragan artikel

Inilah 9 Makanan dan Minimum untuk Menangkal Flu di Musim Penghujan

Hai Ladies, apa kabar di musim penghujan begini? Bukan hendak menyalahkan cuaca yang tak bersahabat, tetapi terkadang perubahan drastis mempengaruhi sistem imunitas tubuh. Flu pun datang bertandang tanpa diundang.

Nah, untuk membangun benteng pertahanan tubuh supaya flu tak mudah menyerang, berikut makanan dan minuman yang bisa Ladies konsumsi.

 

1. Jus Jeruk

Jus jeruk kaya akan kandungan vitamin C, merupakan antioksidan kuat melawan radikal bebas dan mencegah perkembangan virus patogen yang menyebabkan sakit. Minumlah jus jeruk murni, ya, Ladies, bukan yang KW alias jeruk makan jeruk.

Namun, bukan hanya jeruk saja, buah yang kaya vitamin C lainnya seperti lemon dan jambu biji  juga sangat bagus.

 

2. Air Putih

Minum air putih akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Stamina akan fit dan tidak gampang sakit. Jika flu menyerang, minum air putih hangat dapat mengatasi hidung yang tersumbat.

 

3. Jahe

Jahe akan menghangatkan tubuh jika flu menyerang. Herbal ini memiliki efek anti peradangan, minum jahe dapat melegakan. Ladies dapat mencampurkan beberapa irisan jahe pada air putih  atau teh hangat.

 

4. Sup Ayam

Kenapa makan semangkuk sup ayam dapat melegakan flu? Uap hangat dari sup ayam bisa melegakan hidung tersumbat karena lendir. Komposisi nutrisinya mudah diserap tubuh untuk memulihkan kondisi. Gizi pada sup ayam memilik efek antiinflamasi. Tentu saja bukan sembarang ayam, pilihlah ayam alami, bukan ayam metropolis yang kebanyakan konsumsi pakan kimia.

 

5. Teh Hijau

Zat aktif pada teh hijau, katekin, dan tanin adalah antioksidan yang hebat untuk mengatasi flu. Sebuah penelitian di Jepang menyatakan, konsumsi dua cangkir teh hijau setiap hari mengurangi resiko terkena flu sebanyak 70%.

 

6. Jus Sayur

Menikmati jus sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam bentuk jus, nutrisi lebih mudah diserap tapi menghilangkan serat. Jadi perlu juga menikmati sayur biasa bahkan mentah. Ladies bisa seimbangkan antara keduanya.

 

7. Madu

Madu memiliki berjuta manfaat. Rutin mengonsumsinya dalam segelas air hangat dapat meningkatkan imunitas tubuh.

 

8. Seduhan Kayu Manis

Kayu manis yang direbus dengan air hingga mendidih, ketika hangat diminum dengan ditambah madu atau perasan lemon. Ampuh untuk mengurangi gejala awal flu.

 

9. Kunyit Asam

Dari zaman nenek moyang, herbal ini sudah dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan. Bisa juga sebagai nutrisi diet sehat.

 

Nah, Ladies, sudah tahu, kan, cara menangkal flu dengan mudah? Selamat mencoba dan salam sehat.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami