Inilah 7 Cara Mengolah Kembang Kol (Cauliflower) Menjadi Masakan yang Lezat

Halo, Smart Ladies!

Smart Ladies pasti mengenal sayuran kembang kol. Biasanya sayuran ini kita temui pada masakan cah atau tumisan. Sayuran ini sering digunakan sebagai campuran pada masakan karena rasanya yang gurih dan kandungan nutrisinya yang tinggi.

Kembang kol terbukti mempunyai kandungan gizi tinggi dan tubuh butuhkan. Sayuran yang rendah kalori ini sering orang konsumsi dalam menu diet.

Kembang kol kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, mangan, magnesium, potasium, dan fosfor. Sayuran kaya serat dan antioksidan ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker serta membantu proses pencernaan.

Kita bisa menikmati kembang kol dalam keadaan mentah sebagai lalapan atau setelah mengolahnya menjadi masakan.

Ladies, simak tujuh cara mengolah kembang kol menjadi masakan yang lezat, yuk!

1. Ditumis

Menumis adalah cara mengolah kembang kol yang paling sering kita lakukan.
Prosesnya pun mudah. Cukup dengan mencuci bersih dan memotongnya sesuai selera. Ladies bisa mencampurnya dengan bahan masakan lain, misalnya tahu, daging ayam, atau aneka seafood.

2. Dipanggang Dalam Oven

Memanggang sayuran dalam oven, selain menghasilkan cita rasa unik, juga menghasilkan aroma khas panggang yang dapat menambah kelezatan. Kita memanggangnya dalam bentuk potongan kecil, sedang, atau besar. Cukup tambahkan sedikit minyak dan bumbu, lalu panggang hingga matang. Ladies dapat langsung menyantap atau mengolah kembali hasil panggang menjadi masakan lainnya.

3. Merebus atau Mengukus

Merebus atau mengukus kembang kol juga mudah. Setelah dalam bentuk potongan kecil-kecil, Ladies cukup merebus atau mengukusnya hingga matang. Kembang kol yang sudah kita rebus atau kukus bisa digunakan untuk membuat menu masakan lainnya, seperti mashed cauliflower (kembang kol tumbuk), campuran salad, dan pancake.

4. Menggoreng

Kembang kol bisa Ladies jadikan camilan dalam bentuk gorengan. Cukup potong sesuai selera dan celupkan ke dalam adonan tepung, lalu goreng hingga kecoklatan. Sajikan dengan saus pelengkap.

5. Mengolahnya menjadi Asinan atau Pickle

Tekstur kembang kol yang keras dan renyah sangat cocok untuk kita jadikan asinan atau pickle. Caranya sama seperti membuat asinan sayuran lainnya. Potong-potong kecil kembang kol, lalu masukkan ke dalam larutan gula, garam, dan bumbu.

6. Memasaknya Seperti Nasi

Kandungan kalorinya yang rendah dan warnanya yang putih membuat kembang kol cocok sebagai pengganti nasi. Haluskan kembang kol dengan food processor, lalu olah menjadi nasi goreng dengan cara seperti memasak nasi goreng biasa. Ladies juga bisa mencacah kembang kol langsung, lalu mengukusnya seperti mengukus nasi.

7. Mengolah menjadi Adonan Pizza Crust

Untuk membuat adonan pizza crust, cacah halus kembang kol dengan food processor atau blender, lalu peras dan ambil airnya. Cara lainnya, hancurkan kukusan kembang kol, lalu peras dan ambil airnya. Setelah kadar airnya berkurang, campurkan dengan telur atau sedikit pati lain untuk mengikatnya menjadi adonan pizza.

Demikianlah tujuh cara mengolah kembang kol menjadi masakan yang lezat.
Ladies dapat mencobanya dan mengkombinasikan dengan sayuran lain.

About Rohmah Rahmawati

Rohmah Rahmawati
A mom, wife, daughter and a life learner. Lives in Des Moines, Iowa USA.

Check Also

Biskuit ‘Sereal’, Praktis dan Bergizi untuk Ladies yang Tak Punya Banyak Waktu di Pagi Hari

Hal, Smart Ladies! Ladies, pagi-pagi sering repot dan tidak sempat sarapan? Yuk, coba biskuit sereal …

One comment

  1. Ekawati Prasetya

    masyaAllah mba Rohmag sangat bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *