Joeragan artikel

Tips Menghadapi Terik

Inilah 6 Tips untuk Menghadapi Cuaca Panas Terik

Halo, Smart Ladies!

Apakah Ladies merasakan beberapa hari ini suhu udara pada siang hari terasa lebih panas dari biasanya? Terutama di daerah Jogjakarta? Di suatu tempat sekitar pukul 10.00 WIB cuaca cerah, tetapi panasnya menyengat kulit seperti terbakar.

BMKG Jogjakarta menyatakan selama beberapa hari terakhir cuaca panas terik akan terjadi di wilayah Jogja dan sekitarnya. Suhu udara pada siang hari diperkirakan mencapai 33 derajat celcius.

Cuaca panas yang terjadi dapat menyebabkan turunnya imunitas tubuh, dehidrasi, dan heat stroke (peningkatan suhu tubuh secara drastis karena cuaca panas yang terik). Oleh karena itu Ladies, supaya tidak terjadi hal-hal seperti itu, sebaiknya mempersiapkan diri agar terhindar dari pengaruh adanya cuaca panas yang ekstrim tersebut. Berikut tips-tips  untuk menghadapi cuaca panas yang terik:

1. Gunakan Tabir Surya

Memakai tabir surya dengan SPF tinggi minimal 20 supaya kulit tidak terbakar sinar matahari. Sebaiknya tabir surya yang digunakan dapat diaplikasikan ke wajah dan tubuh, terutama bagian tangan dan kaki.

Banyak produk kecantikan yang dapat dipilih atau memakai merek kosmetik yang sudah biasa digunakan sehari-hari. Yang harus diperhatikan adalah menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 20 karena itu dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Lebih tinggi SPF-nya akan lebih baik.

2. Perbanyak Minum Air Mineral

Minum air putih minimaldelapan gelas atau lebih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena cuaca yang panas. Hal ini sangat penting karena jika kita kurang minum dapat menimbulkan cairan dalam tubuh tidak seimbang. Hal ini dapat menyebabkan pusing kepala, nyeri sendi, suhu tubuh naik, kelelahan, dan lebih fatal lagi gangguan pada ginjal.

3. Konsumsi Vitamin

Konsumsi vitamin yang menguatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Vitamin A, B, C, E, dan yang lain sangat penting untuk asupan tubuh. Vitamin-vitamin ini dapat diperoleh dari sumber alami, yaitu sayuran dan buah-buahan. Jika diperlukan, kita dapat memperoleh dari suplemen vitamin yang tersedia di apotek atau toko obat.

4. Kenakan Topi atau Baju Lengan Panjang saat Keluar Rumah

Ladies sebaiknya tinggal di rumah, apabila tidak ada keperluan yang mendesak. Namun, jika harus keluar dari rumah, usahakan memakai pakaian berlengan panjang yang melindungi dari sengatan matahari, topi, kacamata, ataupun payung. Pada saat bepergian bisa membawa air putih dalam botol untuk persediaan.

5. Kurangi Kegiatan di Luar Ruangan

Usahakan Ladies tidak beraktivitas di luar rumah pada saat siang hari karena pada saat itu, sinar matahari memancar panas dengan intensitas yang tinggi. Mulai dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 15.00.

6. Kenakan Pakaian Berbahan Dasar Katun

Memakai pakaian yang menyerap keringat, terbuat dari bahan katun. Selain itu, gunakan pakaian dengan bahan tipis sehingga menyerap keringat dari tubuh.

Demikian Smart Ladies, tips-tips yang ringan dan mudah dilakukan untuk menghadapi cuaca panas yang ekstrim. Semuanya dapat dilakukan jika kita ada niat dan semangat untuk melakukannya.  Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan. Sehat selalu.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami