Parenting

Inilah 6 Tips agar Anak Tidak Malas Belajar

Hai, Smart Ladies!

Akhir-akhir ini, pembelajaran via daring atau belajar dari rumah membuat banyak orang tua mengeluhkan keadaan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa alasan, salah satunya adalah memberikan efek malas kepada anak sehingga banyak orang tua yang memaksa anaknya untuk belajar. Akibatnya, hubungan anak dan orang tua menjadi tidak harmonis. Selain itu, tugas-tugas anak menjadi menumpuk dan pekerjaan orang tua pun menjadi terbengkalai.

Lalu, bagaimana solusinya agar anak tidak malas belajar? Berikut enam tips yang bisa Ladies terapkan:

1. Disiplinkan Anak Seperti di  Sekolah Sungguhan   

Didik anak sesuai jadwal sekolah, walaupun kegiatan belajar dilakukan di rumah. Hal tersebut dilakukan agar anak-anak disiplin seperti di sekolah sungguhan. Ketika tugas datang, ajarkan anak-anak untuk tidak menunda-nunda. Ajaklah anak untuk mengerjakan saat itu juga, tetapi tidak dengan cara memaksa. Buatlah aturan agar anak-anak sukarela menyelesaikan tugas mereka tanpaa paksaan.

2. Siapkan Tempat Khusus Belajar

Orang tua sebaiknya menciptakan suasana yang mendukung. Salah satunya dengan memfasilitasi tempat khusus di bagian rumah yang tidak berisik agar konsentrasi belajar sang buah hati tidak terganggu.

3. Batasi Penggunaan Ponsel atau Gawai

Penggunaan ponsel atau gawai adalah salah pemicu paling besar bagi anak menjadi malas belajar. Terkadang, orang tua memberikan fasilitas gawai kepada anak agar mereka tidak diganggu karena sibuk. Namun, sebagai orang tua, kita juga harus memiliki kontrol dengan membatasi anak-anak bermain gawai.

Selain banyak bahaya, seperti radiasi, membuat kecanduan, gawai dapat berakibat fatal dengan menyebabkan anak jadi kriminal. Contohnya berita baru-baru ini, ada anak kecanduan gim tembak-menembak. Akibat penasaran, akhirnya si anak membuktikan secara nyata dengan praktik langsung. Tentu kita tak mau sampai anak kita melakukan hal seperti itu.

Berikan fasilitas hanya saat pengerjaan tugas dan izinkan anak memakai gawai pada waktu tertentu, misalnya saat akhir pekan atau sekolah libur. Jangan sampai anak menganggap belajar dari rumah seperti sekolah libur, jadi berikan mereka pengertian, sekolah tetap berlangsung dan aturan penggunaan gawai tetap berlaku.

4. Jaga Emosi

Sebaiknya, orang tua lebih bersabar sehingga anak tetap kondusif menyelesaikan tugas-tugasnya. Anak lama mengerjakan karena bosan, tak ayal membuat orang tua emosi. Jadi, berikan contoh yang baik buat buah hati kita karena apa yang kita lakukan akan membentuk karakter anak.

5. Ajak Olahraga

Dengan berolahraga bersama, tubuh kita menjadi segar kembali dan anak-anak pun menjadi lebih semangat. Olahraga juga dapat membuat pikiran orang tua menjadi rileks, emosi negatif berkurang sehingga suasana belajar bersama anak-anak menjadi lebih kondusif.

6. Siapkan Camilan Buat Anak

Salah satu penyemangat anak adalah camilan. Kenapa? Biasanya, saat di sekolah mereka selalu jajan. Akibat dari di rumah terus, jajanan jadi berkurang. Jadi, berikan camilan atau pun makanan kesukaan anak, ya, Ladies.

Oke, Smart Ladies, itulah beberapa tips menghadapi kemalasan anak akibat pembelajaran dari rumah atau daring. Semoga bermanfaat. Semangat para ibu hebat, jangan menyerah mendampingi buah hati agar menghasilkan generasi kuat yang bermartabat.

Tags
Show More

Ima Muflihah

Ima, sapaan akrab pemilik nama ima muflihah . Lahir 29 tahun lalu. Perempuan lulusan salah satu universitas di Malang 6 tahun lalu, saat ini dia disibukkan mengasuh dua putera puterinya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close