Inilah, 6 Manfaat Mengikuti Perkembangan Zaman bagi Seorang Ibu

Halo, Smart Ladies!

Dalam kehidupan, perubahan merupakan sesuatu yang pasti terjadi. Terkadang, perubahan tersebut membuat manusia tidak mempunyai pilihan selain menerimanya. Sebagian orang mengalami kesulitan karena tidak siap menghadapi perkembangan zaman, termasuk para ibu.

Biasanya, kesulitan untuk beradaptasi muncul karena ibu merasa terlalu tua dan menganggap bahwa mempelajari perkembangan zaman tidak terlalu bermanfaat. Padahal, dua alasan tersebut tentu saja tidak benar karena ada banyak manfaat mengikuti perkembangan zaman bagi seorang ibu. Berikut ulasannya.

1. Menjadi Lebih Bijaksana

Perkembangan teknologi merupakan salah satu tolok ukur perkembangan zaman. Ladies mungkin mengamati bahwa dalam sepuluh tahun terakhir, teknologi komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini berimbas pada kemudahan dalam mengakses informasi.

Banyaknya informasi yang diterima tentu memperkaya khazanah pengetahuan. Meskipun tidak semua informasi dapat diterima begitu saja, memiliki pengetahuan tentu lebih baik daripada tidak memilikinya sama sekali. Untuk itu, Ladies harus pintar dalam memilah informasi. Hal ini akan membuat Ladies lebih bijaksana dalam menilai sesuatu.

2. Lebih Dihargai

Ladies, kebijaksanaan seorang ibu akan membuat dirinya lebih dihargai di lingkungan masyarakat. Baik dalam berpendapat maupun saat melakukan sesuatu. Hal ini dimiliki oleh mereka yang mengikuti perkembangan dan mempunyai visi bermanfaat di masa depan. Kebijaksanaan seseorang tercermin dari sikap dan cara berbicara di depan publik atau ketika menulis status di media sosial. Meskipun tidak ditanggapi dengan banyak pujian, ia akan lebih dihormati dan diikuti pendapatnya.

3. Mampu Memecahkan Banyak Masalah

Pengetahuan yang luas akan memberikan banyak pilihan solusi saat menghadapi masalah. Terlebih, teknologi yang pesat juga mendukung terciptanya solusi. Tentu hal ini akan sulit dicapai jika Ladies tidak mengikuti perkembangan.

4. Terhindar dari Kesenjangan Informasi

Remaja adalah kelompok masyarakat yang paling sering mengikuti perkembangan zaman. Tidak mengherankan apabila banyak pengusaha yang menitikberatkan produk pada tren yang sedang digemari remaja. Terkadang, tren tersebut tidak memandang baik atau buruk sehingga sering kali membuat orang tua khawatir. Di sinilah, pentingnya orang tua mengikuti perkembangan zaman agar terjadi komunikasi dua arah dengan anak, terutama ibu sebagai pengawas. Peran ibu sebagai teman bagi anak remaja akan mencapai kesuksesan apabila ia mau belajar mengenai perkembangan yang sedang terjadi.

Di sisi lain, saat ini, ilmu parenting mudah diperoleh. Tidak sedikit pakar pendidikan anak yang bermurah hati membagikan ilmunya kepada masyarakat. Selain itu, perkembangan teknologi juga memudahkan terjadinya diskusi di antara para ibu ketika saling berbagi pengalaman dalam mendidik buah hati. Hal ini tidak akan tercapai apabila ibu tidak mengikuti perkembangan dan cenderung berpegang pada kebiasaan masa lalu. Meskipun nilai-nilai zaman dahulu memiliki manfaat yang tidak sedikit, ibu juga harus terbuka terhadap perkembangan zaman.

5. Lebih Mudah Beradaptasi

Perkembangan teknologi menciptakan banyak kemudahan dari segi fasilitas. Terkadang, hal ini bisa membingungkan apabila tidak dicermati dengan seksama. Oleh karena itu, mempelajari hal-hal yang sedang berkembang saat ini sangat diperlukan. Dengan mempelajarinya, Ladies tidak akan mengalami kesulitan, bahkan hal tersebut akan sangat membantu dalam pekerjaan. Alhasil, Ladies lebih mudah beradaptasi dalam berbagai situasi.

6. Memperbanyak Referensi Tulisan

Ladies yang berprofesi sebagai penulis tentu membutuhkan banyak referensi agar tulisan makin bernilai dan layak dibaca. Tulisan kekinian adalah tulisan yang isi dan cara penyampaiannya sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, seorang penulis yang baik akan selalu berusaha mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat agar tulisannya lebih mudah dipahami dan diterima.

Nah, Ladies, itulah enam manfaat mengikuti perkembangan zaman bagi seorang ibu. Semoga bermanfaat.

About Ani Handayani

Ani Handayani
Penulis adalah ibu rumah tangga yang sedang belajar dan aktif dalam penulisan artikel dan fiksi. Sekarang tinggal di sebuah pedesaan di kabupaten Sleman DIY

Check Also

Ingin Bahagia? Terapkan 7 Cara Ini untuk Mendapatkannya!

Hai, Ladies! Setiap orang pasti ingin merasakan bahagia. Untuk mendapatkannya, kita akan rela melakukan apa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *