Lifestyle

Inilah 5 Tips Bahagia Berlebaran Walau Tanpa Mudik

Hai, Smart Ladies!

Tak terasa kita sudah melewati setengah perjalanan puasa Ramadan tahun ini. Antusiasme mudik biasanya sudah terasa di minggu terakhir puasa. Namun, karena adanya pandemi COVID-19 kini semuanya menjadi berbeda.

Untuk memutus rantai penyebaran virus korona, di beberapa daerah sudah menerapkan PSBB. Larangan mudik sudah digaungkan dari sebelum Ramadan. Penjagaan di setiap pos perbatasan wilayah mulai diperketat.

Sedih? Pasti, tetapi itu tak ada gunanya, Ladies. Apalagi nekat mudik, jangan, ya. Bahagia berlebaran tanpa mudik? Bisa, dong. Yuk, simak tipsnya!

Berkreasi Membuat Kue Lebaran

Anjuran untuk tetap di rumah saja, sedikit banyak memaksa Ladies untuk makin sering turun ke dapur. Kebiasaan jajan menu berbuka atau menu makan kini mulai dibatasi, akhirnya para istri lebih banyak memilih untuk masak.

Menjelang Lebaran biasanya pesanan kue kering ataupun camilan sajian untuk Lebaran mulai naik daun. Tak ada salahnya Ladies mencoba “melebarkan sayap” untuk mengasah kemampuan membuat kue. Ladies bisa mencari resep-resep dari internet, lihat video tutorial, atau tanya teman yang lebih jago. Bisa lebih hemat, bisa lebih produktif selama di rumah saja, bahkan bisa jadi lahan bisnis.

Berkirim Parsel

Mudik biasanya identik dengan membawa berbagai oleh-oleh untuk sanak saudara tercinta. Di saat PSBB seperti sekarang, Ladies bisa gunakan jasa kurir untuk alternatif mengirimkan parsel.

Adanya wabah virus korona yang menyebabkan Ladies tidak bisa ke luar rumah dengan bebas bukan penghalang untuk tidak berbagi. Memberikan hadiah baju baru untuk orang tua atau berbagi makanan masih bisa dilakukan melalui jasa pengiriman. Kreasi kue yang dibuat sendiri bisa juga untuk isian parsel, ya.

Silaturahmi Bermaaf-maafan Via Aplikasi Daring

Walau raga tak bisa bertemu, tetapi Ladies masih bisa silaturahmi dan saling bermaaf-maafan lewat video call.

Di zaman teknologi makin canggih seperti sekarang ini, banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk saling sapa tanpa harus bertemu langsung. Setidaknya rindu itu bisa terobati walau tak bisa saling berjabat tangan dan berpelukan.

Selain aplikasi WhatsApp, ada Skype, FB Messenger, LINE, Google Duo, bahkan Zoom Meeting bisa Ladies gunakan untuk saling bermaafan di hari Lebaran.

Bercengkrama Bersama Keluarga di Rumah

Halal bihalal biasanya menjadi agenda yang mendominasi saat hari Lebaran. Keliling rumah tetangga daerah setempat bahkan sampai ke rumah saudara lainnya yang berbeda wilayah sudah menjadi sebuah kewajiban. Kegiatan tersebut sangat mengasyikkan walau kadang rasa lelah ikut menghampiri, ya, Ladies.

Tak jarang quality time di saat lebaran yang seharusnya terbentuk malah berkurang karena aktivitas berkunjung. Nah, saat inilah bisa Ladies manfaatkan untuk lebih banyak bercengkrama bersama keluarga sambil bersantap menu spesial Lebaran seperti opor.

5. Berbagi dengan Sesama

Agenda menarik saat Lebaran selain halal bihalal adalah bagi-bagi angpau. Ladies biasanya mempersiapkan uang baru pecahan berapa, nih? Tahun-tahun sebelumnya penukaran uang baru biasanya sudah mulai ramai di berbagai bank menjelang minggu ketiga Ramadan.

Oleh karena tak bisa mudik, alokasi dana untuk bagi-bagi angpau bisa dialihkan dengan cara kirim uang secara digital. Misalnya, diganti dengan berbagi angpau dalam bentuk isi pulsa. Tak lupa bisa sedekah dengan cara transfer ke rekening orang atau yayasan yang membutuhkan. Donasi untuk para garda terdepan ataupun orang-orang yang minim penghasilan pastilah sangat bermanfaat.

Nah, jadi jangan jadikan alasan tak bisa mudik saat Lebaran membuat Ladies tak bahagia. Tetaplah berbahagia karena bahagia bisa meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas tubuh meningkat, virus pun minggat.

Tags
Show More

Isus Yusrina Azizah

Dari kecil suka menulis, hanya sekedar menulis curahan hati. Sekarang mencoba belajar agar hobi menulis lebih produktif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close