Inilah 5 Manfaat Mengoleksi Lagu Anak-Anak [Zinz25 from Pixabay]

Inilah 5 Manfaat Mengoleksi Lagu Anak-Anak

Hai, Smart Ladies!

 

Apa yang Ladies bayangkan ketika bicara tentang lagu anak-anak? Aha! Pasti sesuatu yang menggembirakan serta tingkah anak-anak yang lucu, bukan?

Dahulu, banyak lagu anak-anak yang bisa kita nikmati melalui radio maupun televisi. Namun, kita sekarang jarang menemukannya lagi. Sebaliknya, lagu-lagu dewasa yang tidak selaras dengan perkembangan jiwa anak-anak justru lebih sering kita dengar. Huf! Dada jadi terasa sesak.

Sebetulnya, lagu anak-anak terbaru kini bisa kita saksikan secara daring melalui berbagai aplikasi. Namun, pengaruhnya tidak seefektif apabila disiarkan melalui radio dan televisi.

Untuk mengisi kekosongan lagu anak-anak, alangkah baiknya jika orang tua meluangkan waktu untuk mencatat atau mengoleksinya sendiri. Kalau perlu, hafalkan juga seluruh lirik, nada, dan iramanya.

Ladies, apa saja, sih, manfaat yang kita peroleh dengan mengoleksi lagu anak-anak? Kita simak lima di antaranya, yuk!

1. Menciptakan Kegembiraan bagi Anak-Anak

Setiap orang tua pasti merasa aman dan nyaman ketika melihat buah hatinya tampil ceria. Namun, hal itu tidak secara otomatis terwujud. Harus ada aktivitas yang menjadi pemantik kegembiraan mereka. Salah satunya adalah bernyanyi. Saat bernyanyi itulah, orang tua berperan sebagai “radio” bagi anak-anaknya. Koleksi lagu anak-anak pun diputar ulang.
Dengan mengajak buah hati bernyanyi bersama, terciptalah suasana ceria dan gembira. Sya la la la.

2. Menambah Kosakata Baru untuk Anak

Jika orang tua sering bernyanyi, kata-kata mengalir seperti air. Anak ibarat berenang di lautan kata-kata sehingga kosakatanya bertambah. Dia pun menjadi kaya ide dan pandai berbahasa. Mantap, bukan?

3. Melatih Saraf Motorik

Irama lagu yang diputar atau dinyanyikan bisa memancing anak untuk menggerakkan anggota tubuh. Makin banyak koleksi lagu yang kita miliki, makin banyak pula gerakan tubuh yang ananda ciptakan. Anak-anak biasanya akan membuat banyak gerakan sebagai bentuk penghayatan terhadap lagu. Dengan begitu, saraf motoriknya menjadi terlatih. Dia pun tumbuh sehat.

4. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Menurut penelitian para ahli neurologi, kebiasaan bernyanyi dapat meningkatkan kecerdasan otak manusia di usia pertumbuhan sebesar 40%. Maka dari itu, para orang tua perlu mengupayakan kecerdasan anak-anaknya melalui aktivitas bernyanyi. Kita lagi-lagi butuh banyak simpanan lagu, bukan?

5. Menumbuhkan Budi Pekerti Luhur

Lirik lagu anak-anak pada umumnya sarat dengan pengetahuan dan pesan moral. Menurut para ahli pula, pesan yang penulis lagu sampaikan melalui sebuah lagu dapat melekat kuat dalam ingatan anak hingga dia dewasa. Ketika sebuah lagu dinyanyikan, pesan kebaikan yang terkandung di dalam liriknya lebih mudah diserap oleh anak.
Selanjutnya, dia akan tergerak untuk melakukan sesuatu seperti yang didengar. Dengan demikian, tumbuhlah budi pekerti luhur pada diri sang anak.

Ladies, itulah lima manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengoleksi banyak lagu anak-anak. Mulai sekarang, kita koleksi lagu anak-anak, yuk!

About Upik Cholidah

Upik Cholidah
Ida Rif'an adalah seorang ibu rumah tangga, pemerhati dan pencipta lagu anak-anak. Ia bisa dihubungi di nomor 085755161123

Check Also

Tips Menghafal Al-Qur’an untuk Balita

Halo, Smart Ladies! Orang tua mana yang tidak senang memiliki anak salih salihah? Tentu setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *