Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Keberadaan Nyamuk

Halo, Smart Ladies!

Siapa yang tidak kenal nyamuk? Siapa yang mimpi indahnya terganggu karena nyamuk? Ayo, ngacung yang belum pernah diganggu nyamuk! Makhluk kecil yang sangat mengganggu. Mengapa harus ada nyamuk di dunia ini?

Menurut WHO, nyamuk adalah salah satu hewan mematikan di dunia. Setiap tahun jutaan kematian manusia disebabkan oleh penyakit yang disebarkan nyamuk. Lantas, apakah nyamuk hanya membawa dampak negatif saja? Ternyata tidak. Ladies, berikut beberapa manfaat nyamuk.

 

1. Menjaga Kebersihan Air

Jentik nyamuk dapat membersihkan air karena dia hidup dengan memakan detritus yang ada di air. Detritus merupakan hasil peluruhan sampah, tumbuhan, maupun binatang yang telah mati. Bayangkan Smart Ladies, jika detritus dalam air tidak dimakan jentik nyamuk, apa yang akan terjadi dengan air kita?

 

2. Sumber Makanan Bagi Hewan Lain

Smart Ladies, tahu tidak kalau nyamuk memiliki peranan penting dalam ekosistem? Dalam rantai makanan, nyamuk menjadi sumber makanan dari beberapa hewan. Beberapa jenis ikan dan berudu katak merupakan pemangsa jentik nyamuk. Selain itu, belut juga menyukai jentik nyamuk. Tidak hanya jentiknya, nyamuk dewasa juga merupakan sumber makanan bagi predator seperti katak, kadal, cecak, salamander, termasuk juga capung.

 

3. Membantu Penyerbukan

Pernah enggak Smart Ladies digigit nyamuk di pipi terus berkata, “Ih, nyamuknya ganjen. Pasti nyamuk jantan.” Ini salah, ya, hihihi. Ternyata nyamuk yang selama ini menghisap darah manusia dan hewan adalah nyamuk betina. Nyamuk jantan menghisap nektar dari tumbuhan sehingga secara tidak langsung, nyamuk jantan turut membantu dalam proses penyerbukan.

 

4. Terciptanya Lapangan Pekerjaan

Salah satu manfaat yang dirasakan secara langsung oleh manusia adalah terciptanya lapangan pekerjaan. Kok, bisa? Kehadiran nyamuk yang menyebarkan berbagai jenis penyakit, membuat manusia memikirkan berbagai cara demi mencegah serangannya. Untuk itulah berdiri perusahaan-perusahaan yang menciptakan produk pembasmi nyamuk. Perusaahaan ini selanjutnya akan menyerap tenaga kerja. Jika tidak ada nyamuk, maka produk pembasmi nyamuk pun tidak akan pernah ada.

 

5. Memotivasi Manusia untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan

Keberadaan nyamuk yang menjadi ancaman bagi kesehatan mendorong manusia untuk lebih memperhatikan lingkungan hidup. Dengan menjaga kebersihan lingkungan akan mengurangi tempat bertelur nyamuk sehingga dapat mencegah penularan berbagai jenis penyakit yang dibawa nyamuk. Tidak hanya itu, lingkungan yang bersih juga melahirkan udara bersih serta masyarakatnya terhindar dari kuman.

 

Smart Ladies, itulah 5 manfaat nyamuk ada di dunia. Makhluk kecil yang menyebabkan banyak kerugian ini, ternyata juga memiliki banyak manfaat. Satu hal yang perlu kita ingat adalah Allah tidak menciptakan sesuatu yang tidak memiliki manfaat.

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close