BisnisFast foodInpirasi

Inilah 5 Keuntungan Usaha ‘Frozen Food’

Hai, Ladies!

Semoga sehat selalu untuk kita semua. Masa pandemi ini begitu panjang dan lama, ya, Ladies. Efek sampingnya juga merembet kemana-mana, terutama masalah perekonomian. Banyak pencari nafkah yang terpaksa menjadi pengangguran karena PHK. Banyak pedagang yang gulung tikar akibat sepi pembeli.  Pandemi ini seolah menjadi awan gelap bagi perekonomian dunia, termasuk keluarga kita.

Bagi para pekerja yang beruntung masih memiliki pekerjaan, mobilitas mereka pun belumlah bebas sepenuhnya. Sistem Work From Home diberlakukan di beberapa tempat, bahkan pembatasan sosial masih harus menjadi kewajiban. Ada hikmah yang bisa diambil dari sini, yaitu adanya waktu luang lebih panjang, yang apabila dimanfaatkan dengan baik akan menjadikan hasil positif. Misalnya belajar ketrampilan baru untuk memulai usaha rumahan.

Ada ratusan ide bisnis rumahan yang bisa dipelajari lewat internet. Resep masakan misalnya. Setiap hari ada saja resep baru yang bisa disaksikan via kanal YouTube. Carilah kanal yang telah direkomendasikan atau bisa juga belajar via daring melalui kelas-kelas daring untuk memiliki keahlian baru. Salah satu cara memilih kanal  YouTube masak memasak yang direkomendasikan adalah dengan melihat pemilik akunnya. Kemudian,  membaca kolom komentar yang telah menguji coba resep tersebut.

Dari sekian banyak ide usaha rumahan, frozen food atau makanan beku bisa menjadi alternatif usaha rumahan. Kenapa frozen food? Apa nilai lebihnya dibanding usaha rumahan lain?

Berikut  5 poin keuntungan usaha frozen food.

  1. Bisa Menyimpan Stok

Bagi mereka yang sibuk, usaha frozen food cocok dilakukan karena bisa sekaligus membuat banyak stok produk dalam sekali waktu masak, kemudian masukkan ke dalam freezer. Pengaturan waktunya bisa lebih fleksibel. Beda jika kita berjualan fresh food yang harus selalu memasak setiap harinya.

  1. Mudah Mendapat Reseller

Sejak adanya wabah COVID-19, muncul penjual-penjual dadakan di dunia maya. Isi postingan status WhatsApp rata-rata jualan makanan semua. Ternyata tidak semua makanan dalam postingan adalah produk sendiri, melainkan menjualkan dagangan rekannya dengan komisi tertentu atau reseller. Produk frozen lebih mudah mendapat reseller karena awet. Bisa membeli banyak dengan potongan harga besar untuk kemudian simpan di kulkas

  1. Memungkinkan Dilakukan di Rumah

Banyak jenis frozen food yang bisa Ladies buat dengan cara yang sederhana dan praktis. Misalnya, frozen dimsum warna warni. Tidak diperlukan peralatan yang spesial dan canggih. Agar praktis, kulit dimsumnya beli jadi.  Hanya butuh chopper untuk menggiling daging, dan ini pun bisa diganti dengan daging cacah buatan sendiri. Untuk pengukus, hampir semua rumah tangga memiliki panci pengukus, bukan?  Selain itu, untuk tahap awal kita bisa memulai dari membuat sedikit dulu atau sesuai pesanan, tidak langsung dalam skala besar.

  1. Banyak Peminat

Walaupun usaha frozen food ini bukanlah hal baru, tetapi  dengan modifikasi dan upgrade ke menu-menu baru, peminatnya terus bertambah. Hampir semua kalangan menyukainya. Terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang sibuk, frozen food adalah solusi menghadirkan hidangan yang cepat dan praktis. Apalagi dalam masa pembatasan sosial seperti ini, orang beramai-ramai membeli produk frozen untuk stok makanan di rumah.

  1. Banyak Variasi

Aneka frozen food sendiri sangat banyak variasinya dan luwes untuk kita modifikasi.  Hal ini memudahkan bagi  pemula membuat ciri khas pada karyanya sehingga mudah untuk dikenali dan diingat oleh pembeli. Misalnya nugget berbahan dasar daging ayam,tetapi cobalah nugget dari tahu, tempe atau dari daging ayam, yang divariasikan dengan jamur, wortel atau brokoli. Upgrade dengan ciri khas “non MSG”, atau tanpa pengawet. Niscaya akan menambah daya tarik pada produk Ladies.

Nah, itulah lima keuntungan memilih usaha frozen food rumahan.  Pilihan di tangan Ladies, mau usaha frozen food dengan membuat sendiri atau hanya menjadi reseller. Semua usaha asalkan jalani dengan niat baik, tekad kuat dan tekun, insyaallah akan membuahkan hasil maksimal. Semangat!

Tags
Show More

Cahaya Novianti

ibu dari dua putra yang hobi baca komik, penyuka serial Harry Potter, Andrea Hirata dan twitternya Tahi Lalat. Senang menulis di sela-sela rutinitas sebagai karyawati.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close