Inpirasi

Inilah 5 Kebiasaan yang Memicu Penyakit

Hai, Smart Ladies!
Dalam kehidupan sehari-hari, Ladies pasti sering melihat kebiasaan teman-teman. Ada yang punya kebiasaan baik, ada pula yang punya kebiasaan buruk ditinjau dari berbagai macam sisi, seperti sisi medis atau norma sosial. Nah, kali ini kita melihatnya dari sisi medis atau dari segi kesehatan.
Ternyata, ada kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari bisa memicu timbulnya penyakit. Mungkin kebiasaan ini dianggap sepele dan biasa saja. Namun, jika hal ini dilakukan terus-menerus, ternyata kurang baik dilihat dari sisi kesehatan. Apa saja, sih, kebiasaan buruk yang kadang kita lakukan?

1. Melewatkan Sarapan

Kita mungkin terkadang melewatkan sarapan dengan berbagai alasan, seperti malas atau tidak sempat. Ternyata, kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan karena untuk melakukan aktivitas seharian, tubuh butuh energi yang berasal dari sarapan.
Melewatkan sarapan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi pada jam-jam berikutnya. Akibatnya, porsi makan siang atau keinginan untuk ngemil sebagai pengganjal perut jadi lebih besar. Hal ini berdampak pada kenaikan berat badan yang menyebabkan tubuh rentan terjangkit penyakit, seperti kolesterol tinggi, hipertensi, dan lain sebagainya.

2. Segera Menyikat Gigi Setelah Makan

Beberapa orang ada yang segera menggosok gigi setelah makan, baik saat sarapan, makan siang, atau pun makan malam, dengan alasan agar gigi dan mulut selalu bersih. Ternyata, kebiasaan ini tidak bagus, loh, Ladies! Hal ini justru akan mengganggu kinerja air liur dalam menetralkan tingkat keasaman (pH) mulut. Enamel pun jadi rusak oleh asam dalam makanan.

3. Menggigit Kuku

Ada juga orang yang punya kebiasaan menggigit-gigit kuku. Mungkin karena iseng atau ada perasaan nyaman ketika aktivitas ini dilakukan. Padahal, ini adalah kebiasaan yang buruk. Selain penampilan kuku yang kurang rapi, aktivitas menggigit kuku akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi.

4. Memanaskan Makanan dalam Wadah plastik

Beberapa plastik mengandung Bisphenol A atau BPA, senyawa kimia yang beracun pada suhu tinggi. BPA sering kali dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, seperti gangguan reproduksi, gangguan sel telur, serta gangguan pertumbuhan jaringan otak dan saraf. Untuk itu, sebaiknya gunakan wadah plastik yang memang aman untuk memanaskan makanan. Biasanya ada label ”Microwave Safe“ dalam wadah plastik tersebut.

5. Menjemur Pakaian di Dalam Rumah

Terkadang kita melakukan kebiasaan ini ketika musim hujan tiba. Pakaian-pakaian basah dijemur di dalam rumah, daripada enggak kering begitu alasannya. Kebiasaan ini pun sebetulnya kurang bagus. Kondisi yang lembab menyebabkan jamur, spora, dan tungau debu berkembang biak lebih cepat. Kondisi ini bisa memicu timbulnya penyakit asma.
Nah, Ladies, itulah lima kebiasaan yang ternyata kurang baik untuk kesehatan. Semoga kita bisa menghindarinya, ya.

Tags
Show More

anita mutiara

Ibu rumah tangga dengan 4 anak, yang terkadang mengisi waktu luang dengan menulis

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close