Inilah 3 Manfaat Tak Terduga dari Membaca Novel [Catkin from Pixabay]

Inilah 3 Manfaat Tak Terduga dari Membaca Novel

Hallo, Smart Ladies!

Ladies, baca novel yuk! Membaca novel itu menyenangkan dan menyehatkan. Menyenangkan karena tidak perlu berpikir terlalu berat sebagaimana kalau kita membaca buku yang serius. Isi novel biasanya tentang permasalahan sehari-hari yang ditulis sesuai imajinasi pengarangnya sehingga bisa kita cerna dengan mudah.

Saat membaca novel, tak jarang kita masuk dalam alur cerita tersebut, hal ini seringkali membuat kita terlena dan lupa waktu. Maka tak heran kalau membaca novel adalah aktivitas yang dipilih sebagian orang yang ingin mengisi waktu luangnya atau mereka yang ingin menepi sejenak dari aktivitas harian yang melelahkan. Di sinilah membaca novel berperan menyehatkan tubuh.

Ketika kita membaca novel dan terbawa alur cerita yang disuguhkan, alam pikiran kita menjadi tenang. Bahkan ketika kita tertidur saat membacanya, diyakini saat bangun nanti badan akan lebih bugar, lebih fresh. Pendapat ini bahkan didukung oleh penelitian beberapa ahli.

Membaca novel kadang dipandang sebelah mata karena isinya yang merupakan buah khayalan yang diramu menjadi buku. Novel memang karya fiksi, namanya juga fiksi, tentu berisikan hasil imajinasi atau rekaan. Meski demikian, apa yang tertulis dalam sebuah novel tetaplan buah pemikiran seseorang. Cara pandang seseorang tentang suatu hal, sikap seseorang saat menghadapi  masalah, dan bagaimana menyelesaikannya. Jadi, saat kita membaca novel secara tidak langsung juga belajar bagaimana menjalani kehidupan. Disadari atau tidak, kita bisa meningkatkan  atau memunculkan potensi pribadi dengan membaca novel. Di antara banyaknya manfaat menbaca novel, setidaknya tiga hal tak terduga ini akan Ladies dapatkan.

  1. Mengundang Rasa Ingin Tahu

Ketika membaca novel, mungkin Ladies akan memukan ulasan mengenai suatu tempat, kebiasaan, atau barang-barang tertentu. Misal, di novel itu diceritakan tentang museum di suatu negara dengan apik, hal tersebut mungkin akan memancing rasa penasaran Ladies untuk mengetahui lebih banyak tentang museum tersebut. Jadi, secara tidak langsung Ladies terpacu untuk belajar lebih banyak, termotivasi tanpa Ladies sadari.

  1. Motivasi untuk Melakukan Hal Positif

Penulis novel kadang menuliskan beberapa tips tentang sesuatu hal untuk melengkapi atau membuat ceritanya lebih hidup. Sering kali juga menyertakan pendapat ahli untuk memperkuat ceritanya agar lebih logis. Dengan demikian, saat membaca novel, sebenarnya Ladies juga sedang belajar ilmu yang serius, tetapi karena dituliskan dalam bentuk cerita, jadi Ladies tidak sadar bahwa Ladies sedang belajar. Terjadilah proses belajar tanpa tekanan yang mana materi dengan mudah Ladies terima dan hal tersebut juga dapat mendorong Ladies melakukan hal baik sebagaimana yang dilakukan karakter terpilih.

  1. Motivasi untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Dalam sebuah cerita selalu ada tokoh pratagonis dan antagonis. Ikut merasakan akibat buruk dari suatu tindak kejahatan dalam cerita yang dibaca membuat Ladies ingin menghindarinya juga, ‘kan? Begitu pun ketika merasakan bagaimana tokoh pratagonis dengan ringan mau membantu kesulitan orang lain atau gambaran betapa bahagia seseorang yang mendapat perhatian orang lain meski untuk hal-hal yang menurut Ladies sepele. Hal semacam itu bisa memotivasi Ladies melakukan kebaikan karena hal yang menyenangkan itu bisa dimulai dari yang sederhana saja.

Nah, demikian tiga manfaat yang bisa kita dapat dari membaca novel yang mungkin tidak Ladies duga sebelumnya.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

About Widhi Harsiwi

Widhi Harsiwi
Ibu rumah tangga dengan dua orang anak (putri dan putra). Mengajar PAUD dan tinggal di Klaten, Jawa tengah.

Check Also

5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Kepenulisan

Hai, Smart Ladies! Selama pandemi, komunitas kepenulisan berbasis daring makin populer dan digemari. Tak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *