Inilah 3 Bidang Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Hai, Ladies!

Di masa pandemi yang sudah berbulan-bulan lamanya, bahkan hampir satu tahun kita tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Anak sekolah menjalankan kegiatannya lewat daring. Karyawan bekerja dengan cara Work From Home (WFH), yaitu menjalankan kegiatan bekerja dari rumah. Semua kegiatan di luar rumah harus dibatasi, demi meminimalisasi penyebaran virus COVID-19 yang makin lama makin meningkat. Hampir semua bidang usaha mengalami kerugian, bahkan di beberapa bidang usaha terpaksa melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap karyawannya, atau mengurangi jam kerja karyawannya. Hal itu sudah pasti berimbas kepada kondisi keuangan keluarga.

Sebagai ibu rumah tangga, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyiasati kondisi yang serba tidak pasti ini. Salah satunya adalah dengan memiliki suatu kegiatan usaha sebagai pekerjaan sampingan. Kok, pekerjaan sampingan? Iya, pekerjaan utama kita sebagai ibu rumah tangga, ‘kan? Dan pasti akan timbul pertanyaan, bagaimana mau menjalankan pekerjaan sampingan, sedangkan pekerjaan utama sudah menyita waktu? Apalagi sejak mulai pandemi si-Mbak Asisten terpaksa di “pehaka” demi mengurangi pengeluaran rutin? Banyak jalan menuju Roma, kata pepatah, banyak cara yang bisa kita lakukan.

Berikut 3 alternatif usaha yang bisa Ladies lakukan. Kita simak, yuk!

  1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang produknya berupa makanan dan minuman. Usaha di bidang kuliner adalah salah satu usaha yang mudah kita jalankan dan lakukan dengan modal tidak terlalu banyak. Bahkan dari kegiatan mengolah makanan dan minuman ini mampu memberikan peluang keuntungan yang lumayan besar. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, berjualan produk kuliner akan banyak laku karena banyak tempat makan yang terpaksa mengurangi produksinya. Bahkan sampai harus menutup usahanya, sedangkan semua orang pasti memerlukan makan dan minum.

Untuk itu, Ladies harus pandai memanfaatkan peluang ini  sebaik mungkin dengan menjual makanan atau minuman sesuai dengan kebutuhan dan minat warga sekitar. Sekaligus memberikan ide produk yang nanti akan kita jual. Untuk memasarkannya, bisa melalui penawaran langsung atau bisa melalui sososil media. Misalnya menulis status di WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain-lainnya

  1. Jualan Online

Jualan secara online juga salah satu usaha produktif yang bisa Ladies lakukan. Kegiatan ini bisa dilakukan di sela-sela waktu luang, setelah selesai menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga. Berjualan online bisa kita lakukan dengan dua cara, yaitu sebagai reseller, yaitu membeli barang dan jual kembali dengan sejumlah keuntungan tertentu. Atau dengan cara kedua, yaitu berjualan dengan sistem dropship, yaitu Ladies hanya menawarkan barang dan terjual. Dengan demikian, produsen akan melakukan kegiatan pengepakan dan pengiriman barang, atas nama kita sebagai penjual. Berjualan dengan cara dropship ini lebih ringan karena tidak perlu membeli dan menumpuk barang dagangan.

  1. Menulis

Salah satu kegiatan produktif yang bisa Ladies lakukan adalah menulis. Waktu bisa diatur sendiri setelah menyelesaikan tugas utama yang rutin. Banyak topik atau tema yang bisa kita tuangkan dalam tulisan. Misalnya, menghadapi kenakalan anak, memberikan tips dalam menghadapi tingkah laku anak sehari-hari. Selain itu membuat tulisan yang berasal dari ilmu Ladoedf, hasil membaca sebuah buku, dan lain-lainnya.

Ada beberapa bentuk tulisan yang bisa kita buat, seperti menulis artikel, novel, cerpen. Bila tulisannya layak terbit, akan menghasilkan uang. Satu lagi keuntungan yang bisa didapatkan ketika menulis, yaitu menjadikan tulisan kita sebagai media “curhat” yang sehat.

Nah, Ladies, itu tiga alternatif kegiatan produktif yang bisa ibu rumah tangga lakukan. Pada masa pandemi,  masih banyak jenis kegiatan lain, tetapi memerlukan usaha yang lebih besar. Kegiatan tersebut, belum tentu bisa ibu rumah tangga lakukan karena keterbatasan waktu dan tenaga. Bagaimana pun, keluarga yang utama. Mana yang cocok dengan minat dan kemampuan yang Ladies miliki? Apa pun pilihannya, yang terpenting adalah niat, tekun, dan jangan mudah menyerah. Salam.

 

 

 

 

 

 

 

 

About Venty Diah

Venty Diah
Penulis adalah seorang ibu rumah tangga biasa, yang sedang belajar menulis. Lahir dan besar di Yogyakarta dan saat ini tinggal di daerah tangerang, Banten.

Check Also

British Propolis Sehatnya Dapat, ‘Reward’-nya Menjanjikan!

Hai, Smart Ladies! Satu tahun telah berlalu, pandemi COVID-19 belum juga berakhir. Pandemi yang mampu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *