Inilah 10 Tips Mudik Bareng Anak agar Nyaman dan Tidak Membosankan

Inilah 10 Tips Mudik Bareng Anak agar Nyaman dan Tidak Membosankan

Halo Smart Ladies!

Tak terasa bulan ramadan sebentar lagi. Itu artinya mudik sudah semakin dekat. Bagi para perantau momen ini sangat ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak, mudik merupakan salah satu ajang silaturahmi dengan orang tua dan keluarga besar di kampung halaman. Saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan juga sebagai obat untuk melepas rindu setelah sekian lama tidak berjumpa. Jadi beratnya tantangan yang dihadapi para pemudik tidak akan pernah menyurutkan niat dan kemauan untuk mudik.

Terutama bagi orang tua, salah satu tantangannya adalah mudik bersama anak.  Apalagi jika harus menempuh perjalanan jauh selama berjam-jam menggunakan kendaraan pribadi. Tentu saja tak hanya melelahkan bagi orang tua, akan tetapi membosankan bagi anak.

Yuk, kita intip apa saja persiapan mudik yang harus kita lakukan agar mudik menjadi nyaman dan menyenangkan.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Cek kondisi kendaraan sebelum mudik. Jika perlu bawa kendaraan ke bengkel terlebih dahulu untuk memastikan semua dalam kondisi baik dan siap, seperti kampas rem, oli, dan ban cadangan.

2. Tentukan Waktu Mudik yang Tepat

Jika memungkinkan berangkatlah beberapa hari sebelum puncak mudik. Namun jika tidak, pilih waktu yang nyaman selama perjalanan. Saat jam istirahat bagi anak-anak merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk memulai perjalanan agar tidak rewel selama perjalanan.

3. Cegah Mabuk Perjalanan

Jangan gunakan wangi-wangian yang menyengat di dalam mobil karena akan memicu mabuk selama perjalanan. Aromaterapi yang menenangkan bisa menghilangkan rasa mual terutama pada anak.

4. Persiapkan Kondisi Mental Selaku Orang Tua

Ketika anak balita tantrum, kita sebagai orang tua harus siap menghadapinya tanpa terbawa emosi anak.

5. Persiapkan Mental Anak-Anak

Sounding ke anak jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik. Jelaskan pula mengenai makna mudik yang bukan sekadar ritual. Berikan pengertian bahwa akan melakukan perjalanan jauh selama berjam-jam dan akan menghadapi berbagai macam kondisi seperti kemacetan. Ajak anak-anak untuk bisa belajar memahami dan bisa diajak bekerja sama untuk menghadapi berbagai situasi selama perjalanan nanti.

6. Persiapkan Kondisi Kesehatan Anak-Anak

Jaga kesehatan anak dan jangan lupa untuk membawa obat-obatan.

7. Siapkan Tas Toiletries

Selalu siapkan dalam tas kecil satu set baju ganti dan perlengkapan toiletries. Simpanlah semuanya di tempat yang mudah dijangkau

8. Siapkan Perbekalan Cemilan Kegemaran Anak-Anak

Masukan camilan ke dalam tas dan simpan di tempat yang mudah dijangkau anak. Sebaiknya bawa camilan yang praktis dan sehat, seperti buah atau biskuit anak. Perbanyak minum air putih supaya terhindar dari dehidrasi.

9. Bawa Mainan Favorit Si Kecil

Dengan mainan favoritnya anak akan anteng bermain. Namun ada kalanya anak pun merasa bosan dengan mainannya, sehingga kita harus mencari kegiatan yang lebih menarik, seperti memutar musik kesayangannya. Sedangkan untuk anak di atas balita bisa diajak dengan permainan tebak-tebakan, bercerita tentang kondisi daerah yang kita lewati saat itu, atau bernyanyi bersama. Hindari pemberian gawai, perbanyak bercengkrama dengan anak karena perjalanan ini bisa merekatkan hubungan anak dan orang tua .

10. Berdoa Bersama

Ajak anak berdoa bersama sebelum memulai perjalanan. Kebiasaan ini akan membuat anak selalu bersyukur dan mengingatkan bahwa segala sesuatu terjadi atas izin Sang Pencipta.

 

Nah itu dia, Ladies tips selama perjalanan mudik. Semoga bermanfaat ya!

 

SISKA DWIYANTY
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

58 − 54 =