Inilah 10 Kebiasaan pada Anak yang Harus Diterapkan agar Kelak Menjadi Karakternya

Inilah 10 Kebiasaan pada Anak yang Harus Diterapkan agar Kelak Menjadi Karakternya

Halo, Smart Ladies!

Setiap anak sudah pasti memiliki karakter di dalam dirinya. Kebiasaan yang mereka lakukan terus-menerus itulah yang kelak akan membentuknya. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua untuk memberi contoh dan membentuk kebiasaan baik pada anak. Seperti pepatah mengatakan “Alah bisa karena biasa.”  Yuk, kita kupas sepuluh kebiasaan yang harus diterapkan pada si kecil agar kelak menjadi karakternya!

Menghargai Waktu

Waktu adalah senjata paling membinasakan jika tidak digunakan tepat sasaran. Anak yang biasa bangun pagi, sangat berpengaruh pada tingkat kedisiplinannya dalam menghadapi roda perputaran waktu, sebab ia akan terbiasa dalam mengatur waktu secara efisien.

Mengucapkan Kata Tolong, Maaf, dan Terima kasih

Mengucapkan kata tolong, maaf, dan terima kasih pada siapa pun merupakan salah satu kebiasaan yang mesti dilakukan guna menghargai antar sesama. Dengan begitu si anak akan menjadi sosok yang bijaksana apabila kelak jadi pemimpin.

Mengembalikan Sesuatu Pada Tempatnya

Kebiasaan mengembalikan sesuatu pada tempatnya adalah sebuah proses tanggung jawab yang harus dibiasakan pada anak. Tanggung jawab akan mudah dilaksanakan jika sudah terbiasa diaplikasikan dalam keseharian anak.

Mengucapkan dan Menjawab Salam

Salam adalah sebuah doa, maka sudah menjadi kewajiban kita mengajarkannya pada anak. Dengan terbiasa mengucapkan dan menjawab salam, sama halnya terbiasa untuk berdoa. Bukankah doa merupakan kebutuhan setiap makhluk? Dengan berdoa si kecil juga akan lebih dekat kepada Tuhannya.

Mengungkapkan Kebutuhannya

Curahan hati dan keinginan anak adalah bukti dekatnya seorang anak dengan orang tua. Jadi, sudah sepatutnya kita selaku orang tua memberikan kesempatan pada anak untuk mengungkapkan kebutuhannya. Jangan sampai anak merasa diabaikan dan malah menjadi sosok yang penyendiri bahkan bisa dikatakan broken home.

Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Biasakanlah pada anak untuk menjaga kebersihan baik di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitarnya yang menjadi tempat yang biasa ia kunjungi. Dengan begitu mereka telah melaksanakan sebagian dari keimanan mereka.

Adab Terhadap Orang Tua

Orang tua adalah sosok seseorang yang mesti dihormati, disayangi, dan dikasihi. Ajarkan dan biasakanlah anak untuk menjaga adabnya, sebab adab itu di atas ilmu. Seseorang bisa dikatakan berilmu jika sudah memiliki adab yang sebenar-benarnya adab.

Dermawan

Dermawan artinya suka berbagi. Anak yang telah terbiasa berbagi akan menjadi sosok seseorang yang tidak kikir. Tidak ada salahnya jika membiasakan pada anak untuk berbagi kebaikan sebab berbagi bukan hanya sebatas uang. Berbagi dapat dalam berbagai bentuk, contoh senyum dan sapa kepada orang yang ditemui.

Suka Menolong

Menolong sesama sudah menjadi kewajiban setiap hamba. Anak yang terbiasa menolong orang lain apabila terkena musibah, berarti ia adalah sosok seorang yang kelak akan memiliki banyak teman dan saudara. Tidak akan sulit apabila ia pergi merantau jauh dari orang tua.

Selalu Izin Jika Masuk ke Kamar Pribadi Orang Lain

Nah, hal inilah yang sering terlupa bahkan jarang yang melakukannya. Padahal, untuk memasuki kamar pribadi orang lain adalah suatu kebiasaan yang harus kita ajarkan pada anak. Aturan ini bahkan disebutkan di dalam Alquran.

Baiklah, Smart Ladies, itulah beberapa hal yang merupakan kebiasaan anak yang meski kita terapkan pada mereka agar kelak menjadi karakternya. Semoga bermanfaat.

Siti Nurdaliah

Seorang ibu rumah tangga sekaligus penulis dan pebisnis yang memiliki nama pena "Mutiara Dalam Lumpur".
Siti Nurdaliah
Siti Nurdaliah
contributor
Seorang ibu rumah tangga sekaligus penulis dan pebisnis yang memiliki nama pena "Mutiara Dalam Lumpur".

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 19 = 24