Ini, loh, Gaes! 6 Jenis Sayuran Unik Yang Sehat Dikonsumsi!

Ini, loh, Gaes! 6 Jenis Sayuran Unik Yang Sehat Dikonsumsi!

 

Hai, Smart Ladies!

Di samping banyak jenis sayuran yang sudah kita kenal selama ini, ternyata ada beberapa jenis sayuran unik yang bisa ditemukan di sekitar kita yang tidak kalah lezat dan sehat untuk dikonsumsi, loh.

Walau sekilas penampakannya terlihat seperti tanaman liar tanpa guna, ternyata kandungan manfaat sayuran-sayuran ini sangat luar biasa.

Kita cek, yuk, apa saja nama sayuran unik itu, Ladies!

1. Kutha Kuthi

Daun kutha kuthi merupakan rerumputan liar yang sering tumbuh di tepi sawah, di sela-sela kebun sayur, dan juga di sela-sela tanaman tembakau. Sayur ini memiliki daun kecil yang tepiannya bergerigi dengan permukaan daun sedikit berbulu dan bunga berwarna kuning berukuran kecil. Untuk pengolahannya, cukup dengan cara direbus atau dikukus sekitar 10 menit. Sayuran ini sangat cocok dijadikan urap dengan sambal kelapa atau dijadikan campuran pecel.

2. Cikra Cikri

Tanaman yang mempunyai nama latin Polyscias fruticosa ini memiliki bau yang cukup menyengat. Oleh karena citarasanya segar, daun cikra cikri sering dimanfaatkan untuk membangkitkan nafsu makan. Daun yang berbentuk mirip daun kenikir dan banyak ditemukan tumbuh di pelataran ini, cukup direbus dan dimakan dengan sambal.

Manfaat daun cikra cikri untuk kesehatan ada banyak, salah satu di antaranya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Kenikir

Kenikir atau bernama latin Cosmos caudatus adalah tanaman berbentuk daun membujur yang memiliki tangkai yang cukup panjang. Daun kenikir biasa dijadikan lalapan mentah yang dimakan dengan sambal atau direbus untuk disandingkan dengan sayuran lain dalam urap atau pecel.

Daun kenikir mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Daun ini juga memiliki banyak manfaat karena kaya akan antioksidan, yaitu untuk mencegah hipertensi, mencegah resiko penyakit diabetes, serta mencegah penyakit osteoporosis.

4. Krokot

Krokot atau Portulaca oleracea adalah tanaman liar yang sering ditemukan tumbuh di pekarangan dan bahkan dianggap sebagai gulma apabila tumbuh di persawahan.

Krokot juga dijadikan sebagai pakan burung kenari agar kicaunya lebih jernih dan memperpanjang durasi suaranya. Tanaman yang rasanya asam (disebabkan oleh asam oksalat dan asam malat) dan asin ini memiliki banyak manfaat kesehatan, yaitu: kaya akan asam lemak omega 3 yang bisa melindungi dari masalah stroke dan jantung, menurunkan ADHD pada penderita autisme, dan mengandung banyak vitamin A yang dapat mencegah kanker. Daun krokot mengandung kalsium, zat besi, vitamin E, vitamin C, magnesium, riboflavin, potassium, dan fosfor.

5. Semanggi

Daun semanggi adalah sejenis tanaman paku air atau Salviniales yang banyak ditemukan tumbuh di pematang sawah atau pinggiran sungai dan saluran irigasi. Daun yang memiliki empat kelopak yang saling berhadapan ini memiliki kandungan zat fitoestrogen yang bisa mencegah osteoporosis, penyembuhan untuk penyakit pengecilan hati, mengobati infeksi saluran kencing, mengobati batuk, dan sesak nafas, serta untuk mengobati amandel.

Namun, mengonsumsi daun semanggi secara berlebihan bisa menimbulkan efek leucopenia atau penurunan sel-sel darah putih. Tanaman semanggi juga disebut bioremediasi karena dapat menyerap logam berat Cd dan Pb. Oleh karenanya perlu diwaspadai, apabila tanaman ini tumbuh di lahan yang tercemar logam berat.

6. Adas

Tanaman adas atau adas pulowaras mempunyai nama latin Foiniculum vulgare. Jika dilihat sepintas, daun adas sangat mirip dengan daun wortel, tetapi aromanya sangat tajam. Tanaman ini memiliki berbagai kandungan kimia yang tersebar di daun, bunga, dan buahnya. Tanaman adas bermanfaat untuk mengobati anemia, mengatasi gangguan sistem pencernaan, mengatasi perut kembung, mengobati sembelit, menjaga kadar kolesterol, sebagai antioksidan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi otak.

Nah, Ladies, ternyata Indonesia kaya, ya, dengan berbagai jenis tanaman yang bermanfaat untuk kehidupan kita.
Satu hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu cucilah dahulu sayuran-sayuran tersebut sampai bersih, baik hendak dimakan dalam keadaan mentah atau pun  matang. Tunggu apa lagi, yuk, kita cicipi beberapa sayuran unik ini!

Yekti Sulistyorini
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

93 − = 84