Pemugaran Museum Telekomunikasi TMII (Republika.co.id)

Ini, lo, Alasan Ladies Harus Menunda Kunjungan ke TMII Hingga Oktober 2022!

Hai, Smart Ladies!

Ladies, sudah merencanakan liburan bersama keluarga yang ramah anak belum? Ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), misalnya?

Biasanya warga ibu kota, berwisata bersama keluarga menjadikan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi tujuan utama.

Namun, sejak pandemi melanda negeri kita dan seluruh dunia, pusat hiburan umum indoor dan outdoor terpaksa ditutup pemerintah sementara waktu, guna meminimalisasi penyebaran virus Covid-19.

Namun, setelah pandemi mulai mereda dan masyarakat mulai beraktivitas normal, seperti liburan ke tempat wisata, tentunya wahana yang paling ramah anak seperti TMII akan menjadi sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Namun, kabar mengejutkan yang tersebar di berbagai media bahwa TMII sedang mengalami revitalisasi. Ada bagian-bagian bangunan di sana yang sudah rusak dan perlu mendapatkan perbaikan. Salah satunya museum Telekomunikasi TMII.

Perbaikan tersebut berfungsi untuk mengembalikan marwah TMII seperti sediakala.

Ladies, tahu tidak, untuk melakukan perbaikan pada TMII itu membutuhkan biaya sekitar Rp1,13 triliun. Wow, luar biasa banyak, yaa.

Menurut sumber informasi, dana yang sangat besar itu, rencananya akan digunakan untuk memugar beberapa bagian di TMII.

Seperti jalan kawasan TMII, area gerbang utama, Joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno), museum termasuk museum Telekomunikasi, lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago, museum Theater Garuda, Telkom dan Keong Mas, struktur parkir (elevated), serta revitalisasi Danau Archipelago.

Setelah sekian lama terbengkalai, apalagi semasa pandemi yang nyaris tiga tahun ini, TMII akan dikembalikan lagi keindahannya seperti sebelum pandemi.

Tentang renovasi museum Telekomunikasi dan seluruh bagian TMII, pemerintah mencanangkan akan selesai pada Agustus 2022.

Berarti paling cepat bulan Oktober 2022, masyarakat bisa kembali menikmati wahana legendaris tersebut.

Ladies, mari kita ulas sekilas sejarah TMII yang dulunya menjadi favorit semua usia untuk berwisata ke sana.

Bagi sebagian orang yang belum tahu sejarah dan belum pernah ke TMII, inilah info sekilas TMII.

Sejarah Singkat TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia yang berada di Jakarta Timur.

Taman mini yang memiliki area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi.

Pada tahun 1972, pembangunan TMII dimulai. Kemudian, pada tanggal 20 April 1975, TMII resmi dibuka untuk umum sampai masa pandemi datang sekitar tahun 2019 lalu.

Taman Mini Indonesia Indah dibangun sebagai  rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat sehari-hari.  Ada 26 provinsi di Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah.

Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang di tengahnya menggambarkan miniatur kepulauan Nusantara, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas, dan Teater Tanah Airku.

Berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

Museum Telekomunikasi

Nah, museum Telekomunikasi berada di bagian depan kawasan TMII yang  berdampingan dengan museum olahraga dan Bayt Al-Qur’an di dekat pintu utama.

Ciri khas museum ini beratap kubah berwarna biru dengan keberadaan di depannya sebuah monumen Sumpah Palapa Maha Patih Gajah Mada yang berdiri tegak sambil mengacungkan keris.

Adegan ini mengingatkan pada satelit komunikasi pertama Indonesia yang diberi nama Palapa, sesuai jiwa Sumpah Palapa menyatukan Nusantara.

Gedung museum meliputi bangunan induk untuk ruang pameran dan pengelolaan serta ruang penerima tamu di bagian depan.

Museum Telekomunikasi memamerkan berbagai koleksi dan informasi mengenai perkembangan pertelekomunikasian di Indonesia pada masa sebelum-masa perang-awal kemerdekaan, Orde Baru, dan masa depan telekomunikasi dunia, termasuk alat komunikasi dari masa ke masa.

Kini, pemerintah sedang memugar museum Telekomunikasi. Semoga pemugaran bisa selesai sesuai target, yakni bulan Agustus 2022 mendatang. Semoga informasi tersebut bermanfaat, yaa.

About nova yulfia

nova yulfia
seorang ibu 4 anak yang menggemaskan penyuka dunia literasi

Check Also

5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Kepenulisan

Hai, Smart Ladies! Selama pandemi, komunitas kepenulisan berbasis daring makin populer dan digemari. Tak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *