Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Tempat Penitipan Anak

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Tempat Penitipan Anak

Hai, Ladies.

Sebelum cuti melahirkan  berakhir, perlu dipertimbangkan kepada siapa  pengasuhan anak akan kita percayakan.  Smart Ladies, tentu tidak  ingin merepotkan orang tua untuk mengasuh cucu-cucunya di masa tua mereka bukan? Tidak mudah pula mencari asisten rumah tangga ataupun babysitter. Selain relatif mahal,  jika tidak ada kecocokan karakter, akan menambah rasa tidak tenang saat kita tinggalkan   di rumah bersama si kecil.

Nah, Ladies, Tempat Penitipan Anak (TPA) bisa menjadi salah satu solusi keresahan kita, lo.  Namun, sebaiknya, sebelum kita memilih TPA, kita perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Tempat Penitipan Anak

Berikut ini adalah kelebihan dari tempat penitipan anak yang berdampak positif terhadap tumbuh kembang anak. 

  1. Anak Lebih Cepat Belajar Mandiri

Selain harus belajar berbagi perhatian dengan temannya, secara alamiah anak berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri. Mereka belajar menyesuaikan ritme keseharian di tempat penitipan. Anak-anak lebih mudah diatur dan tidak gampang rewel. Mereka berlatih makan minum tanpa dibantu, bahkan tidur pun bisa  sendiri.

  1. Dapat Dipertanggungjawabkan

Tempat penitipan anak yang baik, tentu tidak akan melayani konsumen asal-asalan.  Tempat penitipan anak ini dikelola di bawah naungan lembaga resmi dan mempunyai izin usaha sesuai persyaratan yang harus dipenuhi.

Di samping itu, jumlah pendamping di penitipan anak  biasanya lebih dari satu orang. Ada penanggung jawab yang mengawasi pekerjaan pendampingnya. Tempat penitipan anak merupakan lembaga usaha bersifat terbuka.  Siapa pun dapat melihat dan memastikan mereka memberi pelayanan  dengan  sangat baik.

  1. Tempat Konsultasi Tumbuh Kembang

Tempat penitipan anak bisa menjadi andalan orang tua untuk mendampingi si kecil lebih baik lagi. Sebagai tempat konsultasi tumbuh kembang, para pendamping tentu memiliki pengetahuan yang luas perihal anak. Dengan demikian, pendamping dapat menjawab pertanyaan dan kekhawatiran orang tua. Contohnya, anak  susah makan, berat badan lambat naik, dan keluhan lainnya.

 

Kekurangan Tempat Penitipan Anak

Tempat Penitipan Anak, tentu ada  kekurangannya. Sebaiknya, orang tua mendapatkan penjelasan sejak awal mengenai hal ini agar lebih siap saat bekerja sama dalam menjaga anak.

Adapun kekurangan tempat penitipan anak adalah sebagai berikut:

  1. Mudah Tertular Penyakit

Pada musim perubahan cuaca, anak-anak  lebih rentan terhadap  penyakit. Daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Penyakit yang mudah menyebar adalah pilek, batuk, dan cacar.

Tempat penitipan anak, sebaiknya tidak menerima anak yang sedang sakit. Namun, ketika hal tersebut tidak bisa dihindari, harus ada pemisahan antara anak sehat dengan yang sakit.

  1. Barang-Barang Tertukar

Orang tua inginnya membawakan semua kebutuhan si kecil selengkap mungkin. Botol susu,  kaos kaki, baju, topi, handuk, dan lain-lain. Sebenarnya, makin banyak barang yang dibawa, makin besar pula kemungkinan tertukar dengan anak yang lain.

Untuk meminimalisasi tertukarnya barang, sebaiknya beri label nama ke semua barang yang dibawa anak.

  1. Penanganan Tidak Fokus

Rasio pendampingan ditentukan dari kelompok usia anak . Untuk kelompok anak usia tiga bulan sampai dua tahun, satu pendamping mengasuh dua anak. Sedangkan untuk kelompok anak usia di atasnya, seorang pendamping bisa mengasuh tiga sampai lima anak.

Nah Ladies,  apakah tempat penitipan anak menjadi solusi pilihan? Setelah tahu kelebihan dan kekurangannya, orang tua akan lebih siap sebelum memutuskan menitipkan anak ke TPA.

Nurul Esturina
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 − 68 =