Ini Dia Cara Menghias Tumpeng Kemerdekaan yang Mudah

Halo, Smart Ladies!

Hari Kemerdekaan Indonesia identik diperingati dengan kehadiran tumpeng yang disediakan untuk memeriahkan acara. Tumpeng tersebut biasanya untuk dimakan bersama, sebagai acara syukuran peringatan Hari Ulang Tahun Indonesia. Bahkan, ada beberapa daerah yang mengadakan lomba menghias tumpeng.

Tumpeng sendiri memiliki makna bahwa manusia hidup di jalan Allah. Bentuk nasi tumpeng yang menjulang ke atas menandakan hubungan manusia dengan Tuhan dan keinginan manusia untuk kehidupan yang makin tinggi. Sedangkan sayur dan lauk menandakan isi alam semesta, yaitu adanya tumbuh-tumbuhan dan binatang.

Lalu, bagaimana cara menghias tumpeng untuk acara kemerdekaan? Caranya gampang, Ladies pasti bisa.

Pertama kita siapkan dulu ya bahan dan peralatannya. Bahan-bahan tumpeng terdiri dari makanan semua. Bahan utama yaitu nasi kuning. Bahan pendampingnya yaitu lauk dan sayuran. Untuk lauknya bisa dipilih ayam goreng dan orek tempe. Untuk sayurannya bisa disiapkan urab atau lalapan dan sambalnya. Adapun bahan hiasannya: tomat, wortel dan kacang panjang. Kemudian sebagai pelengkap yaitu kerupuk atau emping. Peralatan yang dibutuhkan antara lain: tampah, daun pisang, cetakan tumpeng, stereofoam, hekter, tusuk gigi, gunting, cater dan bendera merah putih yang kecil,

Pertama, kita siapkan dahulu bahan dan peralatannya, ya. Bahan-bahan tumpeng semuanya terdiri dari makanan. Bahan utamanya adalah nasi kuning. Bahan pendampingnya adalah lauk dan sayuran. Untuk lauknya, bisa dipilih ayam goreng dan orek tempe. Untuk sayurannya, bisa disiapkan urap atau lalapan dan sambalnya. Adapun bahan hiasannya bisa berupa tomat, wortel, dan kacang panjang. Kemudian, sebagai pelengkap, adalah kerupuk atau emping. Peralatan yang dibutuhkan, antara lain tampah, daun pisang, cetakan tumpeng, stereofoam, stapler, tusuk gigi, gunting, cutter, dan bendera merah putih yang kecil.

Ladies, berikut ini langkah-langkah menghias tumpeng kemerdekaan.

1. Bentuk sterefoam menjadi lingkaran dengan menggunakan cutter sebagai alas tampah. Karena bentuk tampah adalah cekung, jadi bagian dalamnya dialasi stereofoam supaya datar. Dengan begitu, tumpeng dan isinya jika dihias akan tetap di tempatnya.

2. Hias tampah sebagai wadah tumpeng dengan menarik. Potong-potong daun pisang dengan menggunakan gunting dan lipat membentuk segitiga kemudian distapler. Susun sejajar potongan daun pisang yang sudah berbentuk segitiga tadi mengelilingi sisi di tampah hingga pinggir tampah tertutup semua. Setelah itu, bentuk daun pisang segai penutup alas stereofoam dengan bentuk lingkaran besar seperti tampah.

3. Letakkan tusuk gigi mengelilingi sisi tampah dan hias dengan kacang panjang menjelujur sebagai pagar. Ini dilakukan supaya nasi tumpeng, lauk, dan sayuran bisa ditahan oleh pagar kacang panjang agar tidak tumpah.

4. Cetak nasi kuning dengan cetakan tumpeng. Agar nasi tidak menempel saat dikeluarkan dari cetakan, Ladies bisa mengalas cetakan tumpeng dengan daun pisang terlebih dahulu.

5. Keluarkan nasi kuning dari cetakan tumpeng dan simpan di tampah yang sudah dihias dengan daun pisang. Ini tergantung selera, bisa disimpan di tengah atau di pinggir. Pada umumnya, nasi tumpeng diletakkan di tengah tampah. Namun, jika mau terlihat semua ketika difoto, nasi tumpeng bisa diletakkan di sisi tampah.

6. Hias dengan lauk yang sudah disediakan. Letakkan ayam goreng atau orek tempe di samping nasi tumpeng.

7. Kemudian, letakkan urap atau lalapan sampai memenuhi tampah. Jika menyediakan sambal, sebaiknya ditempatkan di wadah tersendiri supaya tidak bercampur dengan lauk dan sayuran lain. Ini untuk mengantisipasi sekiranya ada anak-anak yang ikut makan tumpeng dan tidak suka rasa pedas.

8. Hias nasi tumpeng dengan tempelan wortel dan tomat yang sudah dibentuk seperti bunga. Tempel dengan menggunakan tusuk gigi.

9. Untuk kerupuk atau emping, bisa disimpan di dalam wadah kedap udara supaya rasanya tetap terjaga.

10. Terakhir, letakkan bendera merah putih kecil di ujung nasi tumpeng dengan menggunakan tusuk gigi.

Demikian cara menghias tumpeng kemerdekaan, semoga bermanfaat.

Penyunting: Haeriah Syamsuddin

#tantangan10harimenulisartikel

#joeraganartikel

#temakemerdekaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About setiati yunisar

setiati yunisar

Check Also

Jeje dan Kemerdekaannya [Zebra Cross Illustration (Photo by Gunnar Madlung on Unsplash)

Jeje Dan Kemerdekaannya

Hai, Smart Ladies! Jika mendengar nama Jeje Slebew, gambaran yang muncul dalam benak penikmat media …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.