Ini Dia 5 Tips Berbelanja secara “Online”, Ladies Jangan Sampai Tertipu

 

Halo, Smart Ladies!

Di zaman sekarang, kita sudah tidak asing dengan aktivitas berbelanja secara online. Selain mudah dilakukan, berbelanja secara online juga lebih praktis karena pembeli tak perlu ke luar dari rumah.

Banyaknya toko online yang menawarkan barang-barang lucu dan langka membuat kita makin bersemangat untuk berbelanja. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya, lima tips berikut bisa Ladies praktikkan agar tidak menjadi korban penipuan berkedok toko online.

 

1. Teliti sebelum Belanja

 

Walaupun, sebuah toko online terkenal bonafide, kita sebaiknya tidak begitu saja memercayainya. Bisa jadi toko tersebut abal-abal. Jika pemiliknya seorang penipu, ia bisa kabur dengan mudah tanpa pertanggungjawaban.

Kalau penipuan itu terjadi, kita memang bisa melaporkannya kepada pihak berwajib. Namun, untuk menghindari penipuan, kita perlu meneliti toko tersebut serta mengecek testimoni pelanggan, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan jumlah pengikutnya di akun media sosial toko tersebut.

 

2. Perhatikan Kualitas Barang

 

Foto barang yang ditampilkan dalam situs web sebuah toko online, bisa jadi lebih indah dari aslinya. Jangan terpancing dengan foto yang terpajang. Ladies boleh, kok, bawel kepada penjual dengan menanyakan kualitas barang daripada menyesal karena barang yang diterima ternyata palsu, rusak, atau tidak sesuai harapan.

 

3. Bandingkan Harga Antartoko

Toko-toko online yang tersebar di beberapa marketplace sangat mungkin menjual barang sejenis. Sebelum memutuskan untuk membeli di sebuah toko, cari tahu lebih dahulu harga produk di situs web resminya. Harga tersebut bisa dijadikan acuan untuk memilih harga termurah. Ladies juga perlu membandingkan harga di satu toko dengan harga di toko lainnya.

 

4. Pelajari Prosedur dan Syarat

Meski kita telah lama mengincar sebuah produk, upayakan tidak berbelanja secara tergesa-gesa. Pelajari lebih dahulu prosedur dan syarat yang ditentukan. Ladies juga perlu mengecek garansi produk, batas waktu pembayaran, diskon yang ditawarkan, bahkan biaya pengiriman produk. Hal ini penting dilakukan untuk menghemat pengeluaran.

 

5. Pilih Situs Web Terpercaya

Dari segi keamanan, kita lebih baik membeli sebuah produk dari toko online yang terpercaya atau situs web resminya. Ladies tidak perlu waswas karena akan mendapatkan pelayanan yang lebih informatif dan produk yang benar-benar berkualitas.

Itulah beberapa tips yang bisa Ladies praktikkan, sebelum membeli barang melalui toko online. Semoga bermanfaat!

About Metha Birlia Chandra

Metha Birlia Chandra

Check Also

5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Kepenulisan

Hai, Smart Ladies! Selama pandemi, komunitas kepenulisan berbasis daring makin populer dan digemari. Tak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *