Ini Dia 5 Jenis Kopi Lokal Cita Rasa Internasional

Ini Dia 5 Jenis Kopi Lokal Cita Rasa Internasional

Hai, Smart Ladies.

Kekayaan sumber daya alam Indonesia seperti kopi, membawa nama bumi pertiwi melanglang buana. Mengingat Indonesia kaya akan rempahnya sejak dahulu, wajar bila ada beberapa kekayaan dalam negeri diminati sampai ke mancanegara, seperti kopi asli dari Indonesia ini.

Sebagai penghasil kopi terbaik, Indonesia menempati posisi keempat terbaik di dunia. Atas prestasi ini, kita patut berbangga dan bersyukur atas rezeki kekayaan alam yang ada di bumi pertiwi. Jenis kopi lokal terbaik mana saja yang terkenal di dunia? Yuk, kita bahas.

1. Kopi Jawa

Sejak abad 17, kopi Jawa mulai dikenal dunia. Kala itu, Belanda menanam biji kopi Jawa sehingga menjadikan tanah Jawa sebagai produsen penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi Jawa masih menjadi pilihan utama untuk para petinggi Belanda meski banyak jenis kopi lainnya. Kopi Jawa arabika berkualitas dunia dihasilkan dari Pegunungan Ijen Banyuwangi, Jawa Timur ini sempurna untuk para pecinta kopi sejati.

2. Kopi Sidikang

Dengan cita rasa berkelas, kopi Sidikang menjadi kopi terbaik di Indonesia. Tak hanya pecinta kopi nusantara saja, bahkan negara luar pun sangat menggemari kopi Sidikang. Kopi ini menjadi konkuren utama dari kopi Brazil, lo, dikarenakan kualitasnya yang tinggi, dan teksturnya paling halus di antara jenis kopi lainnya di dunia.

3. Kopi Gayo

Kopi jenis arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia adalah produksi Aceh Tengah, tepatnya di daerah dataran tinggi Gayo. Kopi Gayo memiliki aroma khas, tingkat keasamannya lebih rendah, dan kepahitan yang kuat sehingga kopi ini bercita rasa tinggi. Oleh karena itu, dunia internasioal menganugerahi “Fair Trade Certified” sebagai bentuk apresiasi kopi arabika Gayo menjadi kopi terbaik di dunia.

4. Kopi Kintamani

Bali, tak hanya dikenal sebagai destinasi wisata terkenal di dunia, ada kekayaan alam lain yang tersembunyi, yakni sebagai penghasil kopi terbaik di dunia. Kopi yang memiliki cita rasa unik ini terdapat di daerah Kintamani, Bali. Dengan rasa keasamannya yang bercampur dengan rasa segar, kopi Kintamani menimbulkan cita rasa yang unik.

Hal itu disebabkan petani kopi di sini menggunakan sistem tumpang sari, yaitu sistem penanaman biji kopinya bercampur dengan beraneka ragam sayuran. Kalau Ladies termasuk orang yang suka dengan kopi segar dan asam, kopi Kintamani adalah pilihan yang pas untuk menemani hari-harinya.

5. Kopi Flores Bajawa

Di dataran Nusa Tenggara Timur, selain memiliki keindahan alam, daerah ini juga memiliki kopi khas Flores. Daerah Flores ini menjadi penyumbang kopi terbaik nusantara yang di kenal sampai mancanegara. Adanya abu vulkanik dari gunung berapi membuat kopi di Flores tumbuh subur. Kopi Flores Bajawa beraroma buah dan tembakau ketika meminumnya. Kopi ini memiliki kesan menarik saat mencicipinya.

Sekarang, invasi produk luar ke dalam negeri tak terelakkan lagi. Menjamurnya produk tersebut membuat produk asli Indonesia, terkadang sulit berkembang. Dengan mendunianya beberapa jenis kopi asal Indonesia, pertanda bahwa produk Indonesia mampu bersaing di kancah internasional. Besar harapan kita, tentunya masyarakat lebih memilih produk dalam negeri ketimbang negara luar.

Alia Arifin
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

95 − 89 =