Travel

Ini Dia 4 Rekomendasi Kegiatan Seru Saat Berlibur di Yogyakarta

Hai, Smart Ladies!

Jalan-jalan atau traveling adalah kegiatan yang sering dilakukan orang saat liburan. Namun, bila ingin berlibur saat ini, Ladies harus tetap mengikuti protokol kesehatan karena Indonesia belum terbebas dari COVID-19. Salah satu kota tujuan wisata di Pulau Jawa yang cukup populer adalah Yogyakarta. Kota ini terkenal dengan kuliner dan kawasan wisatanya. Jalan-jalan atau traveling adalah kegiatan yang sering dilakukan orang saat liburan kota ini. Berikut uraiannya.

  1. Wisata Kuliner

Yogyakarta atau Jogja adalah salah satu surga bagi pecinta kuliner. Beberapa masakan khas Yogyakarta yang tak boleh dilewatkan untuk dicicipi antara lain:

a. Gudeg

Masakan ini dibuat dari nangka muda yang dimasak agak lama bersama beberapa rempah dan bumbu sampai meresap. Biasanya, gudeg dinikmati dengan nasi putih hangat, ayam goreng, telur pindang, dan sambal goreng krecek. Bila Ladies ingin menikmati gudeg dengan suasana berbeda, carilah rumah makan yang menjual gudeg dengan konsep lesehan (duduk di bawah atau di lantai).

b. Sate Klatak

Sate Klatak adalah sate daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji sepeda, bukan bambu seperti sate pada umumnya. Uniknya lagi, bumbu yang dipakai saat pembakaran hanya garam dan disajikan bersama kuah yang menyerupai kuah gulai. Sate ini biasanya hanya disajikan dua tusuk per porsi karena potongan dagingnya lebih besar dari sate pada umumnya. Penjual sate klatak bisa ditemukan di sepanjang jalan di Imogiri.

c. Soto Bathok

Keunikan dari soto ini adalah penyajiannya tidak menggunakan mangkuk biasa, tetapi menggunakan bathok atau tempurung kelapa. Soto ini berisi daging sapi, taoge, dan seledri yang disiram dengan kuah bening. Penjual soto bathok yang cukup terkenal bisa ditemukan di dekat Candi Sambisari.

Ketiga makanan di atas baru sebagian kecil kuliner yang ada di Yogyakarta. Untuk menikmati makanan lainnya, Ladies bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang tempat wisata kuliner yang akan dikunjungi agar bisa memanfaatkan waktu dengan efisien.

 

  1. Berjalan-jalan di Malioboro

Jalan Malioboro merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Jogja. Malam hari merupakan saat yang tepat untuk berjalan-jalan dan berbelanja di jalan Malioboro. Sejak sore hari, sepanjang jalan sudah dipenuhi para pedagang yang menjual berbagai hasil kerajinan tangan dan makanan khas Jogja. Biasanya, para wisatawan berbelanja oleh-oleh di sini.

  1. Bermain Odong-Odong Jogja

Selain berjalan-jalan di Malioboro, ada kegiatan lain yang juga bisa dilakukan di malam hari, yaitu naik odong-odong atau sejenis becak hias. Berbeda dengan odong-odong di daerah Jawa Barat, odong-odong Yogyakarta dihiasi dengan aneka lampu dan berbagai dekorasi lain. Becak hias ini bisa dinaiki dua sampai enam orang, tergantung bentuk dan desainnya. Ladies bisa menyewa dan mengendarai odong-odong untuk berjalan-jalan di sekitar alun-alun. Mengendarai odong-odong berhiaskan lampu warna-warni di malam hari akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Wisata ke Keraton Yogyakarta

Berwisata ke Kota Gudeg belum lengkap rasanya bila belum mengunjungi Keraton Yogyakarta. Ada beberapa bagian Keraton Yogyakarta yang dibuka untuk umum karena berfungsi sebagai museum. Keraton dibuka sejak pukul 08.00 hingga pukul 14.00 setiap hari, kecuali hari Jumat. Pada hari Jumat, Keraton hanya dibuka hingga pukul 12.00. Perhatikan dan patuhi peraturan yang ada ya, Ladies, agar kunjungan ke keraton berjalan lancar.

Demikian beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berlibur ke Yogyakarta. Semoga bermanfaat.

0 Reviews

Write a Review

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close