Museum BRI [Google]

Ini Dia 3 Bangunan Bersejarah di Banyumas Raya

Halo, Smart Ladies!

Indonesia tidak lepas dari sejarah dan perjuangan para pendahulu kita. Mereka adalah para pejuang kemerdekaan yang membebaskan negeri ini dari penjajahan. Jasa mereka diabadikan dalam berbagai bangunan bersejarah yang menggambarkan sejarah negara kita.

Ladies, di wilayah Banyumas Raya, terdapat beberapa bangunan yang memiliki nilai sejarah tinggi dan bisa dijadikan tempat riset. Wilayah yang masuk dalam lingkup Banyumas Raya adalah Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, dan Tegal. Berikut ini tiga bangunan bersejarah yang bisa ditemukan wilayah Banyumas Raya.

1. Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum BRI terletak di Jl. R. Widyaatmadja, Kota Purwokerto. Nama jalan ini digunakan untuk mengabadikan nama pendiri Bank Rakyat Indonesia. Letaknya tak jauh dari Stasiun Purwokerto dan pusat perbelanjaan besar di kota ini. Koleksi museum menceritakan sejarah berdirinya BRI, bank besar pertama di Indonesia yang masih ada hingga sekarang. Di kota kecil inilah, BRI berdiri dan berkembang ke seluruh pelosok negeri. Warga Purwokerto patut berbangga karena sebuah tonggak perekonomian bangsa Indonesia tumbuh di kota mereka.

2. Benteng Pendem

Benteng yang terletak di dekat Teluk Penyu, tak jauh dari pusat Kota Cilacap, masih berdiri kokoh hingga sekarang. Melihat Benteng Pendem seolah merasakan pahitnya kehidupan para pejuang saat dipenjara oleh Belanda. Pada masa kolonial Belanda, benteng ini menjadi penjara untuk menyembunyikan para pejuang. Kesan seram yang menyeruak dari benteng tersebut membuat kita merasa beruntung lahir setelah Indonesia merdeka. Benteng Pendem telah menjadi saksi betapa perih dan menyeramkan kisah perjuangan melawan penjajah.

3. Monumen Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman lahir dan memulai perjuangannya di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Jenderal Sudirman adalah pejuang yang tak kenal lelah. Walaupun sakit mendera, dia tetap memimpin perjuangan dan mengobarkan semangat para pejuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Beliau adalah pejuang yang tak pernah memedulikan rasa sakitnya hingga ajal menjemput. Monumen ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga untuk mengenang perjuangan Jenderal Sudirman.

Ladies, demikian tiga bangunan bersejarah di Banyumas Raya. Mengajak anak-anak mengunjunginya akan membuat mereka lebih mengenal sejarah bangsa dan tidak melupakan jasa para pejuang.

About Yutaka Latifah

Yutaka Latifah
Emak kantoran, emak dasteran, emak bakulan, emak relawan

Check Also

Tantangan Perempuan Bekerja

Halo, Smart Ladies! Bekerja bukanlah kewajiban bagi perempuan. Namun, ada banyak alasan yang membuat seorang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *