Ingin Meningkatkan Kinerja Otak? Cobalah Mengonsumsi 6 Makanan Ini

Hai, Smart Ladies!

Otak merupakan bagian tubuh yang menjadi pusat sistem saraf dan memiliki jaringan yang rumit Ibarat mobil yang membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi untuk menghasilkan pembakaran, otak juga membutuhkan makanan agar bisa lebih fokus dan bekerja secara maksimal.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan kecerdasan dan kinerja otak? Berikut ini adalah enam jenis makanan yang bisa mengoptimalkan hal tersebut.

1. Ikan Salmon

Otak kita terdiri dari 60 persen lemak. Omega 3 adalah salah satu lemak yang paling dibutuhkan sebagai penyusun sel-sel otak. Salah satu jenis omega-3 yang dibutuhkan otak adalah DHA.
Ikan salmon dikenal mengandung DHA cukup tinggi yang membantu membentuk lapisan pelindung di sekitar neuron. Semakin baik kualitas lapisan, semakin besar pula kekuatan otak untuk bekerja dengan kapasitas penuh. Kekurangan DHA akan memengaruhi perkembangan otak, terutama pada anak-anak. Oleh karena itu, banyak susu formula bayi dan suplemen yang mulai memasukkan unsur DHA pada produknya. Pada orang dewasa, kekurangan DHA akan menyebabkan fokus berkurang dan tubuh lebih mudah lelah.

2. Kunyit

Rempah berwarna kuning ini ternyata mempunyai manfaat luar biasa pada otak. Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin, yaitu bahan aktif yang mampu meningkatkan daya ingat, khususnya bagi penderita alzheimer. Curcumin juga berkontribusi dalam membantu pertumbuhan sel-sel otak baru. Jika Ladies ingin memperoleh curcumin untuk meningkatkan kesehatan otak, mulailah mengonsumsi kunyit. Jadikan kunyit sebagai rempah-rempah saat memasak atau seduh menjadi teh.

3. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa yang disebut sulforafan yang terbukti mampu meningkatkan kelangsungan hidup sel-sel dengan cara mengurangi peradangan dan meningkatkan neurogenerasi atau produksi sel-sel otak baru. Sayuran hijau ini juga mengandung serat yang tinggi, vitamin K, dan folat. Vitamin K mempunyai peran penting dalam melindungi sel-sel otak, sedangkan folat bermanfaat untuk mendetoksifikasi dan mengurangi peradangan otak.

4. Blueberry

Blueberry termasuk buah paling bermanfaat untuk memaksimalkan kesehatan dan kinerja otak. Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi, terutama antosianin, yang membantu melindungi otak dari stres. Kandungan antioksidan dalam blueberry juga dapat membantu melindungi otak dari peradangan sehingga otak dapat mempertahankan tingkat energi yang sehat. Selain itu, buah ini juga rendah kalori serta mengandung mangan, vitamin C, dan vitamin K yang tinggi.

5. Telur

Telur mengandung sumber protein tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan otak dan memperpanjang umur otak. Kandungan kolin dalam kuning telur penting untuk membangun asetikolin neurotransmitter. Zat ini memainkan peranan penting dalam mengatur suasana hati, memori, dan kecerdasan.

6. Kaldu Tulang

Kaldu tulang biasanya dibuat untuk sop atau soto Sebenarnya, mengonsumsi kaldu tulang sebagai tonik penyembuhan untuk meningkatkan kesehatan bukanlah hal baru. Kaldu tulang mengandung kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium. Zat-zat tersebut dapat membantu menyembuhkan usus, yang juga disebut sebagai otak kedua. Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan langsung dan tidak langsung antara usus dan otak.

Usus menampung dan menyimpan banyak senyawa yang terlibat dengan kinerja otak yang optimal. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan usus sangat penting untuk kesehatan dan kinerja otak. Sebaiknya, pilih kaldu tulang organik berkualitas tinggi untuk hasil terbaik.

Nah, Ladies, agar otak sehat dan dapat bekerja secara optimal, cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan di atas. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Comment