Ingin Mengikuti Trend Mode? Pahami dulu Tiga Fungsi Pakaian yang Sebenarnya

Halo, Smart Ladies!


Sejak zaman dahulu, manusia selalu peduli pada pakaian. Bahkan, benda yang satu ini menjadi kebutuhan primer manusia selain makanan. Artinya, tanpa pakaian, kebutuhan manusia tidaklah lengkap.


Kini, banyak orang yang berpakaian, tetapi tak memahami fungsinya sehingga muncul fenomena “miskin kain” atau pakaian minim. Nah, agar tidak asal mengikuti mode, kita sebaiknya memahami fungsi pakaian yang sebenarnya.

1. Menutup Aurat


Aurat adalah bagian dari tubuh manusia yang wajib ditutupi dengan pakaian karena malu bila terlihat. Jika aurat ini dipertontonkan dengan sengaja kepada orang lain, berarti yang bersangkutan sudah hilang rasa malunya. Dalam Islam, malu adalah salah satu cabang dari keimanan. Artinya, jika pakaian tak menutupi aurat, sudah tak layak lagi disebut sebagai pakaian. Untuk itu, pakaian yang dipakai haruslah menutup aurat agar berfungsi sebagaimana mestinya.

 

2. Sebagai Perhiasan


Keindahan adalah salah satu fitrah manusia di antara fitrah-fitrah lainnya. Oleh karena itu, dengan berpakaian, sejatinya kita menunjukkan sejauh mana memahami arti keindahan. Perlu kita ketahui bahwa Allah itu indah dan cinta keindahan.


Namun, perlu diingat bahwa kaum wanita tidak boleh sembarangan menunjukkan keindahan kepada lelaki yang bukan muhrimnya. Mengikuti mode boleh saja, tetapi tetap diingat batasan-batasan dalam agama.

 

3. Perlindungan dan Identitas


Fungsi yang ketiga ini banyak berhubungan dengan kesehatan. Pakaian melindungi diri kita dari sengatan matahari dan dinginnya udara sehingga suhu badan tetap terjaga normal. Selain itu, juga bisa melindungi diri dari penyakit kulit, iritasi, dan serangan virus.


Selain memberikan perlindungan kesehatan, pakaian juga berfungsi mencegah wanita dari gangguan orang-orang yang jahil dan jahat. Para penjahat dan orang yang jahil akan enggan mengganggu wanita yang berpakaian lengkap karena ada rasa hormat yang terlihat dari pakaian.
Wanita yang mengenakan jilbab akan langsung dikenali sebagai seorang muslimah sehingga menjadi pembeda dengan nonmuslim. Selain itu, sekaligus mencegah tindakan pelecehan.

Nah, Ladies, dengan memahami fungsinya, semoga kita tidak mudah tergiur dengan godaan pakaian minim. Semoga bermanfaat.

About Yutaka Latifah

Yutaka Latifah
Emak kantoran, emak dasteran, emak bakulan, emak relawan

Check Also

5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Kepenulisan

Hai, Smart Ladies! Selama pandemi, komunitas kepenulisan berbasis daring makin populer dan digemari. Tak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *