Ingin Mempelajari Bahasa Asing? Kenali 7 Tipsnya

Hai, Smart Ladies!

Dewasa ini kemampuan multilingual bukan menjadi sebuah hal yang baru. Berbagai macam bahasa asing mulai banyak diminati, seiring dengan sistem informasi dan perkembangan media sosial yang makin meluas. Tak jarang kita temukan seseorang dengan kemampuan secara aktif penguasaan lima bahasa atau bahkan lebih. Bahkan saat ini kemampuan berbahasa sudah tidak lagi erat hubungannya dengan pendidikan formal. Belajar bahasa asing bisa dilakukan mandiri secara otodidak di rumah.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita ambil untuk mempelajari bahasa asing secara mandiri:

  1. Lakukanlah Latihan Setiap Hari

Bisa karena biasa adalah slogan yang sangat sesuai untuk seorang pemelajar bahasa. Karena bahasa itu dilestarikan dengan cara terus menggunakannya, maka latihan yang dilakukan secara kontinu akan sangat membantu agar tidak sampai lupa. Meskipun hanya 15-20 menit setiap hari, apabila dilakukan secara terus menerus akan menghasilkan hasil yang sempurna.

  1. Mendengarkan Suara Dari Penutur Asli

Hal ini bermanfaat sekali untuk membiasakan lidah kita agar pelafalannya sesuai dengan penutur aslinya. Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan penuturan asli dari Google translate. Bisa juga dengan melihat film yang saat ini sangat banyak disediakan di platform legal tanpa harus mengunduh terlebih dahulu.

  1. Sempatkanlah untuk Membaca Buku dengan Bahasa Asli

Selain pembiasaan lidah, kita harus membiasakan mata untuk melihat bentuk tulisan dalam bahasa asing yang kita pelajari. Hal ini sangat berguna karena ada kemungkinan tata bahasa yang ada dalam bahasa Indonesa berbeda dengan bahasa asing yang akan dipelajari. Dengan banyak membaca buku, kita akan menambah kosakata dan makin memahami tata bahasanya.

  1. Latihlah Kemampuan Menulis Kita

Kemampuan menulis sangat diperlukan, terutama bagi bahasa-bahasa yang tidak menggunakan alfabet sebagai hurufnya. Misalnya bahasa Arab, bahasa Korea, bahasa Rusia, bahasa Cina, ataupun bahasa Jepang. Dengan menghafal cara penulisannya, secara tidak langsung kita juga menghafal kosakatanya.

  1. Memasang Aplikasi Latihan Berbahasa di Ponsel

Ponsel merupakan benda yang sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Dengan ponsel, kita juga dapat belajar berbahasa asing secara mandiri. Aplikasi yang ditawarkan pun banyak sekali, salah satunya adalah Duolingo. Aplikasi ini sangat dikenal sebagai aplikasi pemelajar elektronik yang sangat praktis. Selain menyenangkan, aplikasi ini juga memberikan kepuasan para penggunanya untuk belajar bahasa asing dari tingkat dasar hingga tingkat mahir. Meskipun kita melakukan latihan hanya 15-20 menit sehari tidak akan terasa berat karena disajikan dalam bentuk permainan.

  1. Buatlah Catatan Kecil

Catatan kecil sangat diperlukan untuk mempelajari kosakata baru. Apabila ada kata yang tidak kita pahami dalam proses membaca dan mendengarkan tadi, bisa kita catat dalam sebuah buku kecil. Suatu saat kita bisa melihat lagi  ketika lupa dan tidak perlu membuka kamus besar.

  1. Bergabunglah dalam Komunitas

Komunitas membantu kita untuk berkembang. Di dalam sebuah komunitas kita dapat mempertahankan semangat dalam latihan berbahasa. Selain melancarkan percakapan, komunitas juga bisa memperluas pertemanan kita dengan sahabat-sahabat dengan hobi yang sama.

Ladies, ada satu hal yang tidak kalah penting dari beberapa tips di atas, yaitu adanya niat dan motivasi tinggi untuk terus belajar. Mempelajari bahasa asing tidak akan merugikan. Dengan motivasi yang baik diiringi niat yang gigih, akan melahirkan seorang multilingual yang piawai di bidangnya.

 

About Efrita Nelvist

Efrita Nelvist
Just Pipit

Check Also

Zat Adiktif dalam Makanan, Kegunaan, dan Dampaknya Terhadap Kesehatan

Hai, Smart Ladies! Wanita adalah yang pertama dan utama sebagai penjaga kesehatan diri sendiri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *