Ingin Buah Hati Menjadi Pribadi Berakhlak Mulia dan Berkarakter Baik? Ini 5 Tipsnya

Smart Ladies, setiap orang pasti berharap buah hatinya tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan berkarakter baik. Namun, bukan hal yang mudah mendidik mereka menjadi seperti harapan kita. Era globalisasi dan gempuran pengaruh negatif perkembangan teknologi semakin menambah beratnya beban kita sebagai orang tua.

Itulah sebabnya kita wajib terus belajar dan menambah ilmu parenting agar tidak salah langkah dalam mendidik titipan Tuhan ini. Sebenarnya, sangat mudah mendapatkan sumber beragam pengetahuan tentang cara mendidik anak. Syaratnya, kita harus rajin membaca dan mencari tahu. Menurut situs parenting islami.id, ada lima tips yang bisa diterapkan dalam mendidik buah hati agar berakhlak mulia dan berkarakter baik.

1. Istimewakan Setiap Anak

Setiap anak adalah unik, tidak ada seorang pun yang menyamainya.  Itulah sebabnya, setiap anak pasti istimewa. Jadi, perlakukan mereka secara spesial pula. Saat mereka diperlakukan dengan baik, anak juga pasti memberikan feed back yang sama. Anak adalah bentuk kecil manusia. Mereka memiliki perasaan dan pola pikir sendiri.

2. Adil dalam Memberi

Perlakukan setiap anak dengan adil sesuai porsinya. Kebutuhan anak usia SD dengan kakaknya yang sudah SMU jelas berbeda. Penting kiranya memberikan sesuatu sesuai keperluan mereka. Berikan kasih sayang yang adil dan hindari memberikan kasih sayang yang berlebihan kepada salah satunya. Perasaan anak sangat peka, mereka bisa merasakan bila kita pilih kasih.

3. Biasakan Saling Menolong dan Peduli Orang Lain

Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Ajarkan hal ini sejak dini agar anak terbiasa menolong orang-orang di sekitarnya. Ini akan membuat anak memiliki rasa peduli dan berempati kepada orang lain. Bukankah manusia terbaik adalah yang bermanfaat bagi orang lain?

4. Ajari untuk Terbiasa Saling Memaafkan

Sifat pemaaf merupakan unsur penting saat menjalani hidup bermasyarakat. Membiasakan anak untuk mampu meminta maaf dan memaafkan serta mengatur emosinya juga penting, ya, Ladies. Di zaman sekarang, banyak terjadi kejahatan dan perilaku melenceng dari norma hanya dikarenakan manajemen emosi yang buruk. Hal kecil dan sepele bisa memicu kemarahan yang tidak terkendali dan akhirnya merugikan diri sendiri serta orang lain.

5. Berdoa kepada Tuhan

Anak adalah titipan Tuhan untuk kita didik dan besarkan. Selalu landasi semua usaha kita dengan doa terbaik kepada-Nya. Mohonkan agar buah hati tetap berada dalam keimanan dan memegang teguh ajaran agama. Ini penting karena hati yang beriman dan bersih menjadi pondasi terbaik bagi buah hati saat dewasa nanti.

Ladies, mendidik anak tidak boleh gagal karena masa ini tak akan terulang lagi. Pola asuh yang kita terapkan akan terbawa dan memberi pengaruh pada masa depan anak- anak. Tidak ada sekolah yang mengajarkan cara menjadi orang tua yang baik. Kita harus berinisiatif mencari ilmu pola asuh yang benar dan sesuai perkembangan zaman. Mendidik anak adalah tentang membiasakan dan memberikan kenangan. Jadi, Ladies, biasakan menanam kebaikan dan berikan kenangan manis kepada buah hati.

Related posts

Leave a Comment