Ingin Berpenghasilan dari Rumah? Lakukan 4 Hal ini Sebelumnya

Halo, Smart Ladies!

Sudah jenuh bekerja kantoran atau kondisinya yang mengharuskan untuk berhenti dari pekerjaan kantoran? Mungkin, memang saatnya bagi Ladies untuk berhenti dari pekerjaan. Tentu banyak pertimbangan, terutama soal penghasilan rutin yang akan terhenti. Belum lagi mengenai rutinitas yang berubah.

Sebenarnya, berhenti dari bekerja kantoran bukan berarti tidak bisa mempunyai penghasilan atau sama sekali tidak bekerja. Sekarang ini, kalau mau bereksplorasi, ada berbagai peluang pekerjaan atau penghasilan yang bisa dikerjakan dari rumah. Ladies bisa berjualan di rumah, baik secara offline maupun online, membuka usaha kuliner, menjadi freelance marketing, mendapatkan penghasilan dari menulis, atau mendapatkan pekerjaan freelance  dari situs penyedia freelance job, seperti Freelancer.com atau Projects.co.id.

Nah, sebelum  Ladies mantap mengambil keputusan untuk berpenghasilan dari rumah, lakukan terlebih dahulu 4 hal berikut:

  1. Membicarakan dengan Suami

Memang sudah semestinya, istri berbicara atau memberitahu apa yang akan dilakukan kepada suami, termasuk rencana ingin berpenghasilan dari rumah. Tujuannya bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga meminta restu agar apa yang kita rencanakan dapat berjalan lancar. Selain itu, suami juga bisa ikut memberikan arahan atas rencana tersebut. Dia pun perlu siap dengan perubahan kondisi keuangan, jika selama ini penghasilan istri ikut menjadi penopang keuangan keluarga.

  1. Menentukan Pekerjaan atau Jenis Usaha yang Akan Dilakukan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ada berbagai jenis pekerjaan atau usaha yang dapat Ladies lakukan dari rumah. Untuk itu, perlu ditetapkan pekerjaan atau usaha apa yang akan dijalankan. Eksplorasi bakat dan minat. Bila diperlukan, bisa mengikuti pelatihan terlebih dahulu untuk menambah ketrampilan atau menjadi jalan pembuka.

  1. Menyiapkan Mental

Perubahan tempat dan waktu bekerja perlu penyesuaian. Biasa bekerja di kantor, lalu berubah menjadi di rumah pasti berbeda rasanya. Yang juga perlu diingat adalah segala sesuatu yang dikerjakan membutuhkan proses dan jam terbang. Perlu bersabar ketika di awal berpenghasilan dari rumah menemui kendala atau jumlah penghasilan masih minim.

  1. Menetapkan Manajemen Waktu

Tentukan waktu melakukan pekerjaan sejak awal. Penetapan waktu ini perlu kita atur agar pekerjaan dapat lebih terarah. Perlu menerapkan disiplin waktu yang sama seperti bekerja dari kantor. Bila diperlukan dan memungkinkan, buatkan area kerja khusus agar lebih fokus.

Itulah 4 hal yang perlu dilakukan sebelum Ladies memutuskan untuk berpenghasilan dari rumah. Niat yang baik perlu disiapkan dengan baik juga. Namun, setelah siap, bukan berarti rencana kita ini langsung berjalan dengan halus mulus. Jika menemukan kendala, jangan cepat menyerah. Teruslah bereksplorasi agar kendala tersebut dapat diatasi.

Semoga bermanfaat.

About Tiara Megumi

Tiara Megumi

Check Also

Ingin Melahirkan secara Normal Setelah Bedah Sesar? Upayakan 6 Hal ini

Halo, Smart Ladies! Bagi perempuan, persalinan secara normal atau vaginal birth (VB) adalah pilihan utama. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *