Tips Menikmati Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia

Halo, Smart Ladies!

Salah satu tujuan orang menikah adalah memperoleh keturunan. Oleh karena itu, kehamilan menjadi masa-masa yang ditunggu oleh hampir semua pasangan. Anak-anak yang kelak lahir adalah generasi penerus keluarga sekaligus bekal menuju akhirat.

Setiap perempuan memiliki cara berbeda-beda dalam menikmati kehamilan. Sebagian mengalami ngidam, mual, dan muntah terus-menerus sehingga perlu menginap di rumah sakit. Kondisi ini membuat mereka tidak bisa benar-benar menikmati kehamilan. Sebagian yang lain terlihat bahagia tanpa keluhan dan menikmati kehamilan yang sehat hingga saat melahirkan tiba.

Nah, Ladies pun sebenarnya bisa menikmati kehamilan dengan bahagia. Yuk, kita ikuti tipsnya!


1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Saat hamil, seorang ibu tidak hanya memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi juga kebutuhan janin yang ada di dalam perutnya. Kebutuhan gizi seperti mineral, vitamin, protein, karbohidrat, dan lainnya harus cukup terpenuhi.

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan sangat dianjurkan untuk ibu hamil, terutama di pagi hari saat perut masih kosong. Pepaya, pisang, semangka, dan buah segar lainnya bisa Ladies konsumsi untuk mencegah mual yang berkepanjangan.


2. Mencari Informasi tentang Anak 

Ibu hamil sangat dianjurkan melengkapi diri dengan informasi tentang pengasuhan dan pendidikan anak, mulai dari perawatan bayi, makanan pendamping ASI, hingga tumbuh kembang anak. Informasi ini bisa diperoleh melalui buku, majalah, dan media daring. 


3. Memperbanyak Sujud melalui Salat

Menjalani masa kehamilan, terutama saat perut semakin besar, terkadang cukup melelahkan. Punggung dan kaki juga terasa sakit. Pada masa-masa ini, ibu hamil harus tetap sehat agar bisa menikmati kehamilan.

Kesehatan ibu hamil bisa dijaga dengan memperbanyak sujud melalui salat. Jangan pernah tinggalkan salat wajib. Jika memungkinkan, tambah jumlah sujud dengan menjalankan beberapa salat sunah. Selain menyehatkan, salat bisa menentramkan dan mendekatkan hati kita kepada Sang Pencipta.


4. Jalan Pagi

Saat kehamilan Ladies memasuki trimester kedua, usahakan lebih banyak berjalan pagi. Ladies cukup melakukannya di dekat rumah atau mengelilingi rumah semampunya.
Udara pagi sangat bagus untuk kesehatan paru-paru dan jantung. Aktivitas jalan kaki bisa menyehatkan tulang dan otot yang sangat diperlukan saat kontraksi menjelang kelahiran bayi. 


5. Berbicara dengan Suami dan Ibu

Menikmati masa kehamilan lebih asyik jika dilakukan bersama keluarga. Ajaklah suami, ibu mertua, atau ibu kandung untuk ikut menikmatinya juga. 

Ungkapkan kebutuhan Ladies kepada suami. Beritahu suami jika kondisi kita mengharuskan dia siaga. Ladies juga boleh, kok, menceritakan keluhan atau perasaan apa pun kepada orang tua. Ibu, dengan pengalamannya, akan sangat membantu Ladies melewati masa-masa sulit selama hamil. 

Menikmati masa kehamilan dengan bahagia bisa membawa dampak positif bagi janin. Jika Ladies menjalaninya dengan perasaan nyaman, proses melahirkan pun akan lebih menyenangkan.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment