Mau Membuka Usaha? Inilah 5 Bisnis Tanpa Modal yang Perlu Ladies Ketahui

 

Halo, Smart Ladies!

Wanita memang tidak diperintahkan mencari nafkah. Namun, karena kondisi ekonomi masih belum memungkinkan, terkadang wanita harus ikut turun tangan dan terjun ke dunia usaha atau bisnis.
Memulai sebuah usaha memang membutuhkan banyak hal, di antaranya modal. Ada beberapa orang yang akhirnya tidak jadi memulai usahanya karena alasan modal, padahal Allah memberikan kesempurnaan pada tubuh kita. Ini adalah modal yang bernilai milyaran, bahkan triliunan rupiah.

Ladies yang ingin memulai usaha tanpa modal bisa mempertimbangkan 5 bisnis berikut ini.

 

1. Sesuai Hobi

Usaha yang dilakukan karena hobi biasanya akan lebih menyenangkan. Ladies yang mempunyai hobi memasak biasanya sudah memiliki peralatan masak yang cukup memadai. Berawal dari hobi inilah Ladies bisa memulai usaha membuat kue atau masakan yang mudah dan digemari orang lain. Sebagai permulaan, Ladies bisa membuat kue sederhana yang tak memerlukan banyak peralatan. 
Ladies yang mempunyai hobi membuat kerajinan tangan bisa juga memulai usaha dengan modal yang sedikit, bahkan tanpa modal. Ladies bisa menggunakan kain perca atau kain sisa sebagai langkah awal.

 

2. Sebagai Agen

Apakah Ladies gemar membaca buku? Kegemaran ini bisa dijadikan sumber usaha, lo. Caranya adalah dengan menjadi agen buku dari penerbit. Saat ini, terdapat banyak penerbit buku dengan berbagai spesialisasinya, seperti penerbit khusus buku anak, khusus buku bisnis, dan lain sebagainya.
Ladies yang tertarik di dunia pakaian juga bisa menjadi agen dari produsen baju dan hijab. Produsen busana muslimah juga semakin banyak bermunculan seiring dengan kesadaran wanita menutup aurat. Kesempatan ini bisa menjadi peluang Ladies untuk memulai usaha tanpa mengeluarkan modal yang banyak.

 

3. Sebagai Youtuber

Di era digital seperti sekarang ini, semakin banyak orang memanfaatkan internet untuk usaha atau bisnisnya. Salah satu pilihan yang bisa dilakukan, terutama untuk anak muda, adalah menjadi youtuber. Youtuber adalah orang yang membuat video untuk diunggah di situs YouTube. 

Pengunjung di situs YouTube sudah mencapai jutaan dan ini merupakan pasar yang bagus. Dengan hanya bermodalkan gawai, Ladies bisa menjadi youtuber dengan mudah. Jika video yang Ladies unggah mengundang banyak pengunjung, penghasilan yang didapat juga akan semakin bertambah.

 

4. Sebagai Penulis

Menjadi penulis sekarang ini juga banyak dilirik wanita. Ladies bisa menulis dengan hanya bermodalkan gawai dan hasilnya dapat dikirim ke beberapa media daring. Jika tulisan yang dikirim tersebut diterima, Ladies akan menghasilkan pendapatan yang cukup lumayan. Penulis hanya tinggal menyesuaikan jenis tulisan dengan media yang akan disasar. Saat ini, banyak bermunculan penerbit mandiri yang menerima tulisan dari penulis pemula untuk diterbitkan dan dijual sendiri oleh penulisnya. 

 

5. Sebagai Pemilik Usaha Bimbingan Belajar

Ladies yang mempunyai kemampuan dan kelebihan ilmu bisa memilih usaha membuka bimbingan belajar. Usaha ini dapat dilakukan dengan modal yang tidak banyak, bahkan nyaris tidak ada. 
Usaha bimbingan belajar bisa dibuka di rumah kita sendiri. Promosi yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak anak-anak tetangga terlebih dahulu. Jika bimbingan belajar kita menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan sendirinya orang-orang akan merekomendasikan usaha tersebut kepada orang lain.

Nah, Ladies, jangan ragu dan takut lagi memulai usaha dengan alasan modal. Semoga bermanfaat.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment