Mengidam Durian? Perhatikan Dampaknya, Ladies!

Halo, Smart Ladies!

Saat mendengar kata durian, yang terlintas dalam pikiran kita adalah lembut, manis, dan aroma yang khas. Karena teksturnya yang unik, durian menjadi buah favorit bagi kebanyakan orang, termasuk ibu hamil.

Ladies, sebagian orang yakin bahwa ibu hamil pantang mengonsumsi durian karena kandungan alkoholnya bisa merusak kesehatan janin. Keyakinan tersebut tidak sepenuhnya benar. Belum ada penelitian yang membuktikan efek negatif mengonsumsi durian saat hamil. Namun demikian, ada baiknya tidak mengonsumsi durian terlalu banyak. Kadar gulanya yang cukup tinggi bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Nah, Ladies, mari kita cermati dampak buruk yang bisa timbul akibat mengonsumsi durian saat hamil.

 

1. Menyebabkan Diabetes

 

Kandungan glukosa yang tinggi dalam durian bisa menyebabkan ibu hamil menderita diabetes. Diabetes tidak boleh disepelekan sebab bisa memicu komplikasi saat kehamilan dan proses persalinan. Jika terlanjur terkena diabetes, ibu hamil harus rutin mengecek kadar gula darah di dalam tubuhnya.

 

2. Menyebabkan Hipertensi

 

Kandungan kolesterol yang tinggi pada durian bisa memicu hipertensi pada ibu hamil. Penyempitan pembuluh darah akan terjadi jika kadar kolesterol di dalam tubuh ibu hamil terlalu tinggi. Dampak selanjutnya, ibu hamil bisa mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

 

3. Meningkatkan Kadar Kolesterol

 

Tingginya kadar kolesterol pada Ibu akan menurun kepada janin. Orang yang terkena kolesterol akan merasakan nyeri badan sehingga tubuh merasa tidak nyaman. Kolesterol juga bisa memicu komplikasi, seperti jantung dan stroke. Penyempitan pembuluh darah akibat tingginya kadar kolesterol menyebabkan aliran darah yang menuju jantung tidak lancar dan jantung harus bekerja lebih keras.

 

4. Janin akan Kekurangan Oksigen

 

Penyempitan pembuluh darah bisa membuat aliran darah dan aliran oksigen dalam tubuh ibu hamil tidak lancar. Hal ini bisa menyebabkan janin kekurangan oksigen dan lemas sehingga gerakannya tidak aktif.

 

5. Mengalami Preeklamsia

 

Preeklamsia adalah kondisi berbahaya pada usia kehamilan tua yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, kelebihan protein dalam urin, edema, dan gangguan penglihatan.
Ibu hamil yang menderita preeklamsia biasanya mengalami pembengkakan pada muka dan tangan. Bahkan, jika kondisinya sudah parah, pembengkakan bisa terjadi di seluruh tubuh. Jika tidak segera diatasi, preeklamsia bisa menyebabkan janin meninggal di dalam kandungan dan kematian bagi ibu hamil.

6. Berat Badan Bayi Terlalu Tinggi

 

Kandungan kalori dan glukosa pada durian bisa membuat janin kelebihan berat badan. Jika hal ini terjadi, ibu hamil berisiko tidak bisa melahirkan secara normal.

Ladies, dengan mengetahui beberapa dampak buruk di atas, kita perlu berhati-hati mengonsumsi durian saat hamil. Jangan berlebihan, ya!

Related posts

Leave a Comment