Mengatasi Sakit Pinggang saat Haid Melanda

Hai, Smart Ladies!

Saat menstruasi atau haid, kita sering kali mengalami nyeri pinggang. Nyeri pinggang terkadang melanda sebelum atau beberapa hari menjelang haid. Bahkan, ada juga wanita yang sepanjang masa haid merasakan sakit. Hal ini membuat kondisi kita tidak nyaman, malas beraktivitas, dan rasanya hanya ingin berbaring.
Lantas, bagaimana cara meredakan sakit pinggang saat haid ini, Ladies? Berikut ini ada beberapa tips yang dapat kita lakukan agar terhindar dari nyeri haid. Yuk, simak!

 

1. Peregangan

 

Peregangan sederhana mampu meringankan nyeri pinggang saat haid. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara duduk atau berdiri tegak, kemudian putarlah badan bergantian ke samping kanan dan kiri. Kita juga dapat melakukannya dalam posisi berbaring. Tariklah kedua lutut Ladies ke bagian dada dan dekap erat selama beberapa saat. Ladies akan merasa lebih nyaman setelah melakukan peregangan tersebut.

 

2. Mengompres atau Mandi Menggunakan Air Hangat

 

Cara lain yang dapat dilakukan adalah mengompres bagian pinggang yang sakit menggunakan air hangat. Suhu hangat dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah dan oksigen mudah menjangkau pada area yang sakit. Untuk membantu melemaskan otot yang tegang dan kaku, sebaiknya Ladies mandi menggunakan air hangat.

 

3. Olahraga Ringan dan Teratur

 

Ternyata, nyeri pada pinggang akibat haid juga bisa berkurang jika Ladies melakukan olahraga teratur. Alasannya, saat berolahraga, tubuh menghasilkan senyawa endorfin yang diproduksi otak untuk meringankan rasa sakit secara alami. Olahraga juga membantu melancarkan peredaran darah menuju area tubuh yang nyeri. Contoh olahraga ringan dan bisa dilakukan penderita nyeri haid adalah joging, bersepeda, lari, berenang, dan berjalan kaki.

 

4. Minum Air Hangat

 

Minuman hangat bisa menjadi alternatif pereda nyeri pinggang saat haid. Pilihlah minuman yang tidak mengandung kafein, alkohol, dan banyak gula. Sebaiknya, Ladies minum susu atau air jahe hangat.

 

5. Rileks

 

Jika tubuh Ladies sedang nyeri, carilah posisi yang dirasa cukup nyaman untuk mengurangi rasa sakit. Cobalah berbaring senyaman mungkin atau posisikan kaki sedikit lebih tinggi daripada badan menggunakan bantal sebagai pengganjal.

 

6. Berkonsultasi dengan Dokter

 

Jika nyeri dirasa mulai mengganggu, sebaiknya Ladies segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi. Hal ini bertujuan agar nyeri tidak berlarut-larut dan bisa diatas secara tepat.

Ladies, demikian informasi seputar cara mengatasi nyeri pinggang saat haid. Atasilah sakit secara tepat, jangan sampai aktivitas kita terhambat. Semoga bermanfaat.

Purwani Wijayanti

Penulis konten writer, Mak Comblang Joeragan Artikel (JA), Marketing Penerbitan, PJ sekaligus editor antologi anak mondok JA, dan masih ngantor.
Purwani Wijayanti

Related posts

Leave a Comment