Cara Aman Menikmati Kopi bagi Penderita Mag

Hai, Smart Ladies!

Apakah Ladies penggemar kopi, tetapi mempunyai penyakit mag? Banyak orang bilang, penderita mag tidak boleh mengonsumsi kopi karena kandungan kafeinnya yang berpotensi meningkatkan asam lambung. Namun, apakah ini benar?

Fakta sebenarnya adalah penyakit mag lebih banyak disebabkan karena infeksi, lebih tepatnya bakteri. Mag juga timbulkan karena faktor stres, nikotin, atau gangguan respon kekebalan tubuh. Oleh karena itu, banyak yang bilang, apabila kopi diproses dengan baik dan tanpa menambahkan gula, tidak akan memengaruhi asam lambung.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani BmedSc, Ladies yang mempunyai gangguan mag tetap bisa aman mengonsumsi kopi. Namun, dengan beberapa catatan agar tetap dapat mendapat manfaat dari kopi tersebut.

Lalu, bagaimana cara aman menikmati kopi bagi kita yang menderita mag? Yuk, ikuti tips berikut ini.

 

1. Pilih Jenis Kopi yang Tidak Asam


Tidak semua kopi mengandung zat yang sama, tergantung cara mengolahnya. Ada biji kopi yang mengandung lebih sedikit kafein dan mempunyai rasa yang tidak terlalu asam. Menurut keterangan pada laman Very Well Family, semakin lama biji kopi dipanggang, rasanya akan makin asam sehingga kandungan kafeinnya akan lebih tinggi serta warnanya makin hitam.
Penderita mag sebaiknya memilih kopi arabika yang rasanya sedikit manis, lembut, dan kandungan kafeinnya hanya sekitar 1,2%. Bandingkan dengan kopi robusta yang kandungan kafeinnya hingga 2,2%.

Jika Ladies suka menikmati kopi panas, pilih teknik seduhan dark roast (tingkat panggang dengan biji kopi berwarna gelap yang diselimuti minyak di permukaan bijinya) dan fermentasi. Dengan teknik ini, kandungan senyawa yang didapat lebih aman.

 

2. Tambahkan Susu

Susu adalah salah satu minuman yang baik dikonsumsi penderita mag. Jadi, saat Ladies membuat kopi, jangan lupa tambahkan minuman tersebut dengan susu sebagai alternatif lebih aman untuk mencegah asam lambung naik. 
Namun yang perlu diperhatikan, pilihlah susu yang rendah lemak (susu skim).
Kandungan lemak tinggi yang terdapat pada susu full cream dapat melonggarkan cincin otot kerongkongan bagian bawah. Protein dari susu murni ini akan berinteraksi dengan sejumlah senyawa dalam kopi sehingga dapat mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan.

 

3. Batasi Porsinya

Menurut Eris Susandi dari Asosiasi Eksportis Kopi Indonesia, efek buruk kopi bisa diminimalisir jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan dosis tepat. Sebelum Ladies mengonsumsi kopi, disarankan untuk mengetes dahulu respon tubuh terhadap kopi yang diminum. Caranya adalah jangan minum dalam dosis yang banyak. 

Hindari menambah creamer atau gula karena biasanya hal tersebut akan memicu terjadinya kembung atau gas pada lambung. Hal tersebut dijelaskan Eris dalam diskusi berjudul Cita Rasa Kopi Indonesia Berbasis Pemberdayaan Komunitas yang diselenggarakan Dompet Duafa. Jangan lupa untuk memperhatikan juga dosisnya. Bagi yang tidak mempunyai masalah kesehatan, standar aman minum kopi boleh hingga 360 mg atau sekitar 4 cangkir sehari. Jadi, untuk penderita mag, kurang dari itu yakni sebaiknya batasi 1 cangkir saja dalam sehari. Saran terakhir adalah dampingi kopi dengan makanan kecil.

Pepatah mengatakan, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Sebaik apa pun kita mengakali kebiasaan minum kopi, para pakar tetap tidak menganjurkan penderita mag mengonsumsi kopi karena tidak menutup kemungkinan gejala mag akan kambuh setelah menikmati secangkir kopi. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter makanan dan minuman apa saja yang bisa dikonsusmsi dan harus hindari agar mag tidak kambuh. 

Jadi, Ladies tetap harus berhati-hati jika ingin menikmati kopi agar penyakit magnya tidak kambuh.

Related posts

Leave a Comment